SUSANTI, OLIK (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POP UP BOOK BEROREINTASI KEARIFAN LOKAL HARI RAYA KARO SUKU TENGGER BROMO KELAS III DI SDN NGADISARI I KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. HALAMAN SAMPUL OLIK SUSANTI .pdf Download (85kB) | Preview |
|
Text
11. DAFTAR ISI OLIK SUSANTI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (230kB) |
||
|
Text
9. ABSTRAK OLIK SUSANTI .pdf Download (161kB) | Preview |
|
Text
15. BAB 1 OLIK SUSANTI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (207kB) |
||
Text
16. BAB 2 OLIK SUSANTI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (271kB) |
||
Text
17. BAB 3 OLIK SUSANTI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (336kB) |
||
Text
18. BAB 4 OLIK SUSANTI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (858kB) |
||
Text
19. BAB 5 OLIK SUSANTI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (165kB) |
||
Text
20. DAFTAR PUSTAKA OLIK SUSANTI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (186kB) |
||
Text
22. SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI OLIK SUSANTI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (374kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena munculnya masalah yang sering terjadi di lingkungan sekolah yaitu kurang efektifnya pembelajaran yang berdampak pada kebosanan yang di rasakan pada peserta didik sehingga kemampuan siswa dalam memahami materi sangatlah minim dimana kemempuan siswa tersebut masih kurang untuk mencapai nilai standart yang sudah di tetapkan sekolah Media pembelajaran seperti Pop Up Book berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran tematik dapat menjadi alat penting bagi guru untuk mengatasi kurangnya semangat dan responsif siswa terhadap materi pembelajaran di sekolah. Pop Up Book tidak hanya valid dan mudah digunakan, tetapi juga praktis sebagai bahan ajar untuk murid SD. Kelebihannya terletak pada daya tariknya melalui gambar 3D yang sesuai dengan materi, menciptakan pengalaman pembelajaran yang menarik. Selain itu, kaitannya dengan kearifan lokal memungkinkan siswa berbagi pengetahuan tentang tradisi lokal mereka, meningkatkan interaksi dan pertukaran informasi di antara mereka. Penelitian juga memungkinkan pengembangan ide-ide inovatif yang dapat diterapkan dalam konteks pendidikan. Salah satu jenis penelitian yang dapat dilakukan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) R&D. Hasil dari penilaian uji coba kelompok kecil, media yang dikembangkan mendapat respon positif (ya) sebesar 96,6% dan respon negatif (tidak) sebesar 6,6%. Evaluasi uji coba kelompok besar, media yang telah dikembangkan mendapatkan tanggapan positif sebesar 98%, sementara tanggapan negatif sebesar 8%. Hasil uji coba yang telah dilakukan dinyatakan media Pop Up Book layak digunakan pada SD kelas III berbasis kearifan lokal yang menjunjung nilai - nilai yang ada didalamnya. Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book dapat disimpulkan media telah mendapatkan respon yang baik dari validator dan responden. Penilaian dari ahli media menunjukkan nilai media sebesar 45, dengan presentase mencapai 80%, tanpa adanya revisi, dari ahli materi diperoleh nilai media sebesar 58, dengan presentase mencapai 96,6% setelah mengalami revisi, ahli kepraktisan dengan revisi nilai kepraktisan yaitu 41 dengan presentase 74,54%. Uji coba kelompok kecil sebanyak 3 siswa media yang telah dikembangkan mendapatkan tanggapan positif sebesar 98%, sementara tanggapan negatif sebesar 8%.uji coba kelompok besar sebanyak 10 siswa media yang telah dikembangkan mendapatkan tanggapan positif sebesar 98%, sementara tanggapan negatif sebesar 8% layak untuk digunakan.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Kearifan lokal, Pop Up Book |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 02:01 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:01 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4947 |
Actions (login required)
View Item |