FATIMAH, SITI (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MUATAN PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS 1 SDN BRANGGAH II. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
Cover SITI FATIMAH .pdf Download (127kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi SITI FATIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (32kB) |
||
|
Text
Abstrak SITI FATIMAH .pdf Download (43kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 SITI FATIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (123kB) |
||
Text
BAB 2 SITI FATIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (136kB) |
||
Text
BAB 3 SITI FATIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (144kB) |
||
Text
BAB 4 SITI FATIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (135kB) |
||
Text
BAB 5 SITI FATIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (42kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA SITI FATIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (36kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS Plagiasi.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (179kB) |
Abstract
Skripsi ini merupakan hasil penelitian untuk mengetahui kebutuhan dan bakat yang mintat yang di miliki siswa dalam pembelajaran berdiferensiasi kurikulum Merdeka dalam muatan Pelajaran Pendidikan Pancasila kelas I SDN Branggah II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan pembelajaran berdiferensiasi pembelajaran terhadap kebutuhan dan mintat siswa agar guru berperan sebagai fasilitator pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, sebagai suatu analisis implementasi kurikulum merdeka. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Proses ini melibatkan pengamatan terhadap penerapan pembelajaran berdiferensiasi menggunakan observas, wawancara , dokumentasi dan tekhnik pengambilan ke absahan data menggunakan triangulasi sampling terhadap guru kepala sekolah dan siswa. Dalam kegiatan analisis data terdapat empat tahapan yaitu, pengumpulan data, penyajian data dan pebarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian Implemtasi Pembelajaran berdiferensiasi Kurikulum Merdeka dalam Muatan Pendidikan Pancasila Kelas I SDN Branggah II telah membantu menciptakan lingkungan kelas yang inklusif dan menarik serta memberikan kesempatan bagi setiap siswa untuk berkembang sesuai dengan potensinya. Berdasarkan penelitian dan pembehasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa implemetasi pembelajaran berdiferensiasi kurikulum Merdeka dalam muatan Pelajaran Pendidikan Pancasila kelas I SDN branggah II yang telah dibuat berdasarkan kebutuhan dan minta siswa kemuadian guru juga membagi peserta didik pada beberapa kelompok menurut kemampuan siswa untuk memgerjakan soal yang telah di siapkan tersebut
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Pembelajaran berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Muatan pembelajaran Pancasila |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 02:47 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 02:47 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4949 |
Actions (login required)
View Item |