JALANIDI, KISMA ARUNA (2024) PERAN GURU WALI KELAS MENGATASI TERJADINYA SELF HARM PADA SISWA KELAS VII MTs. RAUDHATUL HASANIYAH. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER KISMA ARUNA JALANIDI.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
7. DAFTAR ISI KISMA ARUNA JALANIDI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (76kB) |
||
|
Text
11.ABSTRAK KISMA ARUNA JALANIDI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
Text
12. BAB 1 KISMA ARUNA JALANIDI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (159kB) |
||
Text
13. BAB 2 KISMA ARUNA JALANIDI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (274kB) |
||
Text
14. BAB 3 KISMA ARUNA JALANIDI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (150kB) |
||
Text
15. BAB 4 KISMA ARUNA JALANIDI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (279kB) |
||
Text
16. BAB 5 KISMA ARUNA JALANIDI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (8kB) |
||
Text
17. DAFTAR PUSTAKA KISMA ARUNA JALANIDI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (16kB) |
||
Text
19.SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI KISMA ARUNA JALANIDI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (128kB) |
Abstract
Self harm adalah suatu bentuk tindakan untuk menyakiti diri sendiri yang dilakukan individu sebagai cara untuk mengungkapkan atau mengekspresikan perasaan marah, sedih, atau perasaan negatif lainnya. kematangan emosi pada individu tidak terjadi secara otomatis, tetapi dapat dikembangkan melalui pengalaman, pembelajaran, dan pembentukan kebiasaan yang positif. Peran guru kelas MTs. Raudhatul Hasaniyah sangat dibutuhkan dalam mengatasi terjadinya self harm pada kelas VII. Dimana diharapkan guru kelas mampu dalam mengatasi dan mencegah terjadinya self harm. secara umum tindakan self harm yang dilakukan oleh beberapa siswa di kelas VII memiliki alasan tersendiri. Salah satunya, yaitu kurangnya pengontrolan emosi dalam diri siswa sehingga mereka melakukan self harm, atau juga adanya beberapa tekanan dari internal maupun eksternal. Dari sinilah peneliti ingin dan tertarik untuk mengungkapkan bagaimana peran guru wali kelas dalam mengatasi terjadinya self harm pada kelas VII MTs. Raudhatul Hasaniyah. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian data deskriptif kualitatif, lokasi penelitian yang dipilih adalah MTs. Raudhatul Hasaniyah Kota Probolinggo. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data penelitian antara lain : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsaan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru kelas dalam mengatasi self harm sudah bagus. Tindakan yang diambil sudah tepat memberikan motivasi sangat penting untuk membantu pengontrolan emosi yang belum stabil pada remaja, pelaksanaan evaluasi serta melakukan bimbingan rutin agar siswa lebih terbuka akan permasalahan merupakan tindakan yang tepat.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran guru wali kelas, self harm |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 07:25 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 07:25 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4962 |
Actions (login required)
View Item |