NURAINI, (2024) APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK ANAK AUTISME SPECTRUM DISORDER DENGAN METODE FINITE STATE MACHINE BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
01 HALAMAN COVER NURAINI.pdf Download (220kB) | Preview |
|
Text
10 DAFTAR ISI NURAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (210kB) |
||
|
Text
07 ABSTRAK NURAINI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
Text
13 BAB I NURAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (385kB) |
||
Text
15 BAB II NURAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (868kB) |
||
Text
15 BAB III NURAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (873kB) |
||
Text
16 BAB IV NURAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
||
Text
17 BAB V NURAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (272kB) |
||
Text
18 DAFTAR PUSTAKA NURAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (308kB) |
||
Text
20 SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI NURAINI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (108kB) |
Abstract
Anak Autisme Spectrum Disorder (ASD) memiliki kesulitan seperti stimulasi yang berlebihan pada saat proses pembelajaran di sekolah inklusif sehingga dapat menyebabkan anak dengan gangguan ini mengalami stress berlebihan sehingga dibutuhkan teknologi media pembelajaran yang menyenangkan. Untuk anak Autisme tingkat sekolah dasar kemampuan seperti membaca, menulis, dan berhitung (Calistung) sangat penting untuk diajarkan. Meskipun secara kognitif lambat, anak autis bisa dilatih untuk membaca, menulis, dan belajar. Sekolah Dasar Luar Biasa (SDLB) Dharma Asih Kraksaan akan menjadi rujukan tempat peneliti akan mendistribusikan implementasi aplikasi media pembelajaran yang nantinya bisa anak didik gunakan untuk meningkatkan minat belajar. Pada proyek program “Aplikasi Media Pembelajaran Calistung” ini, Penulis menggunakan aplikasi desain Unity3D dalam pembuatan desain isi media pembelajaran. Desain didalamnya dibuat dengan tujuan untuk membangun aspek interaksi media pembelajaran yang dimainkan oleh pemain. Interaksi yang terjadi tersebut yaitu berupa pertanyaan yang dilakukan media pembelajaran dengan pengguna tersebut. Pertanyaan itu sendiri nantinya akan berbentuk gambar dan tentunya memiliki pilihan yang dapat dipilih oleh pemain untuk menjawab pertanyaan. Penelitian serta perhitungan terhadap Aplikasi Media Pembelajaran Calistung ini terbagi menjadi beberapa kategori responden diantaranya siswa dan guru sehingga menghasilkan nilai skor dapat dijadikan pedoman tingkat kepuasan user atau pengguna. Adapun kategori responden untuk kategori anak didik menghasilkan persentase yang memuaskan yaitu sebesar 88%, dapat diartikan bahwa sistem yang dibuat sesuai dengan kebutuhan anak didik. Pada kategori guru didik menghasilkan persentase 93% yang menyatakan bahwa bagian guru puas dengan adanya media pembelajaran ini, dan fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi tersebut sangat berguna untuk keperluan membantu anak membaca dan berhitung di sekolah.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Autisme Spectrum Disorder (ASD), SDLB Dharma Asih Kraksaan, Unity3D. |
Subjects: | Fakultas Teknik |
Divisions: | Teknik Elektro |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 21 Dec 2024 05:56 |
Last Modified: | 21 Dec 2024 05:56 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5005 |
Actions (login required)
View Item |