SOFIAN, SOPHAN (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP LITERASI DAN CARA BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN SUMBERSUKO KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER SOPHAN SOFIAN.pdf Download (19kB) | Preview |
|
Text
11. DAFTAR ISI SOPHAN SOFIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (9kB) |
||
|
Text
9. ABSTRAK SOPHAN SOFIAN.pdf Download (19kB) | Preview |
|
Text
14. BAB I SOPHAN SOFIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (43kB) |
||
Text
15. BAB II SOPHAN SOFIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (42kB) |
||
Text
16. BAB III SOPHAN SOFIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (48kB) |
||
Text
17. BAB IV SOPHAN SOFIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (369kB) |
||
Text
18. BAB V SOPHAN SOFIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (19kB) |
||
Text
19. DAFTAR PUSTAKA SOPHAN SOFIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (15kB) |
||
Text
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SOPHAN SOFIAN.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (15kB) |
Abstract
Penelitian dilakukan di SDN Sumbersuko Kabupaten Probolinggo dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Realistic Mathematics Education terhadap Literasi dan Cara Berpikir Kritis Siswa kelas IV di SDN SUMBERSUKO Kabupaten Probolinggo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penilitian Kuantitatif. Subjek dalampenelitian ini adalah siswa-siswi SDN SUMBERSUKO Kabupaten Probolinggo kelas IV A yang terdiri dari 24 siswa dan kelas IV B yang terdiri dari 21 siswa, denganrincian siswa kelas IV A laki-laki berjumlah 14 orang dan siswi perempuan 10 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini skor pekerjaan melalui pengisian angket secara individu, pertanyaan verbal siswa dan guru, hasil observasi, dan catatan lapangan dari kegiatan pembelajaran. Analisis data yang digunakan peneliti adalah mengggunkan Analisis Uji Hipotesis yaitu peniliti menganalisis data dari hasil peneletian yang di peroleh dari angket yang diisi oleh siswa dengan menggunakan tekhnik t hitung. Berdasarkan perhitungan uji analisis data yang dilakukan dengan menggunakan t-hitung diperoleh hasil t-hitung literasi sebesar 13,048 dan t-hitung berpikir kritis sebesar 15,771 dengan taraf signifikansi 0.000, sedangkan t-tabel pada tarif signifikan 5% sebesar 2.01, Dengan demikian t-hitung literasi sebesar (13,048), dan t-hitung berpikir kritis sebesar (15,771) lebih besar daripada t-tabel, pada signifikansi 5%. Secara matematis perbandingan tersebut dapat dilakukan sebagai berikut, T hitung literasi = 13,048, dan T hitung berpikir kritis = 15,771, sedangkan t table = 1,69236. Maka t hitung literasi (13,048) dan t hitung berpikir kritis > t table (1,69236)
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Realistic Mathematics Education, Literasi, berpikir kritis. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 08:21 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 08:21 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5030 |
Actions (login required)
View Item |