HADI, SYAMSUL (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN TERHADAP SISWA KELAS VIII DI SMPN 3 KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. Halaman Judul SYAMSUL HADI .pdf Download (81kB) | Preview |
|
Text
10. daftar isi SYAMSUL HADI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (36kB) |
||
|
Text
8. abstrak SYAMSUL HADI .pdf Download (98kB) | Preview |
|
Text
12. BAB I SYAMSUL HADI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (62kB) |
||
Text
13. BAB II SYAMSUL HADI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (86kB) |
||
Text
14. BAB III SYAMSUL HADI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (66kB) |
||
Text
15. BAB IV SYAMSUL HADI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (205kB) |
||
Text
16. BAB V SYAMSUL HADI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (46kB) |
||
Text
17. DAFTAR PUSTAKA SYAMSUL HADI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (113kB) |
||
Text
4. lembar pernyataan keaslian SYAMSUL HADI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (259kB) |
Abstract
Penanaman Norma dan Pembentukan Kepribadian terhadap peserta didik terutam ntuk meningkatkan pembelajaran tenteng Pendidikan PKn kini dirasa kurang optimal. Padahal yang sangat dibutuhkan dalam lingkungan masyarakat adalah norma dan kepribadian. Namun dalam hal semacam ini tentu tidak di inginkan oleh orang tua maupun guru di setiap sekolah tanpa terkecuali di SMP Sabiluttaibin full day school Desa Suberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Bertolah dari konteks yang terjadi dalam penelitian ini di fokuskan Tiga permasalahan : (1) Bagaimana Efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkait penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik kelas IX SMP Sabiluttaibin Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2018 – 2019 (2) Bagaimana kendala dalam Efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkait penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik kelas IX SMP Sabiluttaibin Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2018 – 2019 (3) Bagaimana solusi atau dukungan guru dalam Efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkait penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik kelas IX SMP Sabiluttaibin Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo tahun pelajaran 2018 – 2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. sedangkan untuk menganalisis data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkait penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik kelas IX SMP Sabiluttaibin Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo adalah Melalui : (a) Proses belajar mengajar dengan sangat baik dan kondusif (b) guru membuat RPP dan silabus sebelum melakukan KBM (c) untuk meningkatkan pembelajarn dikelas guru membuat strategi agar pembelajaran dikelas lebih menarik. Kendala dalam efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkait penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik kelas IX SMP Sabiluttaibin Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo adalah (a) faktor internal (b) faktor eksternal. Upaya yang dilakukan dalam penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik adalah memperhatikan dan menjalin hubungan yang baik dengan para wali murid dalam memberikan suatu perhatian khususnya para peserta didik. Berdasarkan hasil temuan diatas dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terkait penanaman norma dan pembentukan kepribadian terhadap peserta didik kelas IX SMP Sabiluttaibin Desa Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo pihak sekolah harus mampu mampu memberikan konstribusi dalam meningkatkan kedisiplinan siswa dan peneliti sarankan kepada lembaga tekait penanaman norma dan pembentukan kepribadian oleh seorang guru PPKn terhadap peserta didik agar dapat membuatu suatu metode pembelajaran, pemberian alokasi waktu serta peran guru wali kelas harus efektif terhadap peserta didik.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas Pembelajaran , Pendidikan PKn, Penanaman Norma dan Pembentukan Kepribadian |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 09 Jan 2025 09:12 |
Last Modified: | 09 Jan 2025 09:37 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5039 |
Actions (login required)
View Item |