SAHAR, (2019) PERANAN GURU PKn DALAM MEMBINA KEDISIPLINAN SISWA MELALUI PENDEKATAN KETELADANAN (Studi Kasus Di SMP Darul Akhlaq Ambulu Sumberasih Probolinggo Tahun Pelajaran 2018-2019). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER SAHAR.pdf Download (31kB) | Preview |
|
Text
11. HALAMAN DAFTAR ISI SAHAR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (166kB) |
||
|
Text
9. HALAMAN ABSTRAK SAHAR.pdf Download (116kB) | Preview |
|
Text
15.BAB I SAHAR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (248kB) |
||
Text
16.BAB II SAHAR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (307kB) |
||
Text
17. BAB III SAHAR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (318kB) |
||
Text
18. BAB IV SAHAR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (123kB) |
||
Text
19. BAB V SAHAR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (99kB) |
||
Text
20. DAFTAR PUSTAKA SAHAR.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (88kB) |
||
Text
6. SURAT KETERANGAN PERNYATAAN KEASLIAN .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (268kB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan dan hasil observasi yang dilakukan peneliti serta hasil wawancara menunjukkan bahwa guru sudah melakukan berbagai upaya agar siswa di SMP Darul Akhlaq Ambulu Sumberasih Probolinggo mampu membina kedisiplinan melalui pendekatan keteladanan yang dilakukan oleh guru. Namun, hal tersebut mengalami kendala yaitu faktor yang mempengaruhinya, salah satunya ketidak disiplinan siswa, guru kurang memberi teladan kepada siswa, atau kurangnya kinerja guru, selain itu, adanya faktor internal dan eksternal yang dapat menjadi kendala sebagi guru PKn dalam membina kedisiplinan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peranan guru PKn dalam membina kedisiplinan sudah cukup baik berdasarkan beberapa temuan penelitian yaitu 1) Proses belajar mengajar berjalan dengan sangat baik dan kondusif, 2) Guru membuat silabus, RPP sebelum proses belajar mengajar, 3) Untuk meningkatkan pembelajaran di kelas guru membuat strategi agar belajar mengajar di kelas lebih menarik, 4) Guru sudah disiplin dalam menjalankan tugas sebagai pendidik, 5) Guru juga sudah memberikan motivasi kepada muridnya untuk lebih disiplin, 6) Guru mampu mengajarkan kedisiplinan dengan cara memberi teladan langsung kepada siswa, 7) Guru menjalankan tugasnya dengan sangat baik, ketika ada siswa yang melanggar diberi sangsi dan nasehat serta adanya peraturan dari sekolah, siswa yang tidak disiplin dikenakan kartu kasus. Kesimpulan dari hasil penelitian di atas dapat peneliti sarankan kepada kepala sekolah untuk mempertahankan kedisiplinan yang telah diterapkan oleh sekolah. Lebih memperhatikan kedisiplinan segenap warga sekolah yang meliputi guru, staf TU dan siswanya. Hendaknya melakukan evaluasi terhadap peranan guru Pendidikan Kewarganegaraan khususnya dalam penerapan kedisiplinan di sekolah
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peranan Guru, Kedisiplinan, Keteladanan |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Jan 2025 07:30 |
Last Modified: | 11 Jan 2025 07:30 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5048 |
Actions (login required)
View Item |