PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL (GAMBAR) LAMBANG – LAMBANG PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP SISWA AUTIS KELAS VII DI SMPLB SINAR HARAPAN KOTA PROBOLINGGO

APRILIYANTI, MAGDALENA (2018) PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL (GAMBAR) LAMBANG – LAMBANG PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PPKn TERHADAP SISWA AUTIS KELAS VII DI SMPLB SINAR HARAPAN KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER MAGDALENA APRILIYANTI .pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI MAGDALENA APRILIYANTI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (158kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK MAGDALENA APRILIYANTI .pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 MAGDALENA APRILIYANTI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (223kB)
[img] Text
BAB II MAGDALENA APRILIYANTI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (209kB)
[img] Text
BAB III MAGDALENA APRILIYANTI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (327kB)
[img] Text
BAB IV MAGDALENA APRILIYANTI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (310kB)
[img] Text
BAB V MAGDALENA APRILIYANTI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (163kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MAGDALENA APRILIYANTI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (93kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan penulis di kelas VII SMPLB Sinar Harapan Kota Probolinggo tentang media pembelajaran bagi siswa autis, latar belakang penelitian ini adalah guru kelas VII autis masih mengalami kesulitan untuk menyampaikan materi tentang lambang – lambang Pancasila. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran visual (gambar) Lambang – lambang Pancasila bagi siswa autis pada mata pelajaran PPKn di SMPLB Sinar Harapan Kota Probolinggo agar siswa autis lebih mudah mengingat lambang – lambang Pancasila. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa observasi, wawancara, dokumentasi untuk mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran PPKn kelas VII siswa autis di SMPLB Sinar Harapan Kota Probolinggo. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa guru kelas VII autis SMPLB Sinar Harapan Kota Probolinggo mengalami permasalahan dalam menyampaikan materi, menggunakan media serta pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini, skor validasi materi yang dikembangkan sebesar 4,6875 sedangkan jumlah skor yang diperoleh dari ahli media pembelajaran mendapatkan tingkat kevalidan 4,2. Hasil kategori tersebut termasuk dalam kualifikasi valid dan dapat diuji cobakan. Berdasarkan jumlah skor yang diperoleh dari hasil angket guru dan siswa mendapatkan tingkat keterterapan dan keterbacaan yaitu 5. Dari aspek validasi dan hasil angket maka, pengembangan media ini telah layak digunakan. Berdasarkan kesimpulan penelitian, maka disarankan agar Sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Probolinggo mengadakan pelatihan – pelatihan bagi sekolah khusus. Selain itu guru harus berpedoman pada ketentuan – ketentuan pembelajaran RPP, silabus dan media yang digunakan.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Visual (Gambar), Autis.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 15 Jan 2025 01:25
Last Modified: 15 Jan 2025 01:25
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5060

Actions (login required)

View Item View Item