IQBAL, MOH (2018) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR HANDOUT MATA PELAJARAN PKn MATERI KEDISIPLINAN KELAS II SDN TULUPARI. Tugas Akhir thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
Cover Skripsi MOH IQBAL .pdf Download (95kB) | Preview |
|
Text
Daftar Isi MOH IQBAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (81kB) |
||
|
Text
ABSTRAK MOH IQBAL .pdf Download (15kB) | Preview |
|
Text
BAB I MOH IQBAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (109kB) |
||
Text
BAB II MOH IQBAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (128kB) |
||
Text
BAB III MOH IQBAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (163kB) |
||
Text
BAB IV MOH IQBAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (284kB) |
||
Text
BAB V MOH IQBAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (79kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN MOH IQBAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (50kB) |
||
Text
Lembar Surat Pernyataan Keaslian MOH IQBAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (100kB) |
Abstract
Melalui bahan ajar handout pada mata pelajaran PKn siswa kelas II SDN Tulupari, dapat memudahkan siswa mengikuti pembelajaran dan dapat melengkapi kekurangan materi yang siswa dapat, baik materi yang di berikan dalam buku ajar maupun materi yang di berikan secara lisan oleh guru, sehingga siswa tidak ketinggalan materi dalam proses belajar mengajar, dan siswa bisa mandiri dalam belajar. dengan demikian hasil belajar siswa meningkat. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Pengembangan Bahan Ajar Handout Pada Mata Pelajaran PKn Materi Kedisiplinan Kelas II SDN Tulupari yang memiliki tingkat kevalidan, keterterapan dan keterbacaan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi. Pengembangan yang dilakukan diawali dengan studi pendahuluan, dilanjutkan dengan perencanaan, desain produk, validasi produk, uji coba skala kecil, uji coba skala besar, revisi produk, dan produk akhir. Hasil validasi isi/materi mencapai 88,3% dan hasil validasi ahli desain mencapai 74%. Hasil rata-rata angket kevalidan mencapai persentase 81,15%. Uji coba lapangan dilakukan kepada guru dan siswa, hasil keterterapan yang di isi oleh guru mendapat komentar sesuai digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas 2 dengan skor 4,75 dan tingkat keterbacaan yang di isi oleh siswa mendapat komentar sangat setuju untuk menggunakan bahan ajar handout. Hasil evaluasi belajar siswa menunjukkan 80% tuntas belajar dengan jumlah 16 siswa dan 20% belum tuntas belajar dengan jumlah 4 siswa. Berdasarkan hasil di atas, bahan ajar handout telah layak digunakan dalam sebagai bahan ajar PKn kelas II dan hanya memerlukan revisi kecil.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Handout, PKn |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 02:16 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 02:16 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5061 |
Actions (login required)
View Item |