PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VIII A PUTRASMP ZAINUL HASAN 1 GENGGONG KABUPATEN PROBOLINGGO 2017-2018

SHOLEHAH, FARIDATUS (2017) PENERAPAN COOPERATIVE LEARNING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN DI KELAS VIII A PUTRASMP ZAINUL HASAN 1 GENGGONG KABUPATEN PROBOLINGGO 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1 Cover Skripsi FARIDATUS SHOLEHAH.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text
7 Daftar Isi FARIDATUS SHOLEHAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (28kB)
[img]
Preview
Text
8 Abstrak FARIDATUS SHOLEHAH.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
9 BAB I FARIDATUS SHOLEHAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (383kB)
[img] Text
10 BAB II FARIDATUS SHOLEHAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (332kB)
[img] Text
11 BAB III FARIDATUS SHOLEHAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (292kB)
[img] Text
12 BAB IV FARIDATUS SHOLEHAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (177kB)
[img] Text
13 BAB V FARIDATUS SHOLEHAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (9kB)
[img] Text
14 Daftar Pustaka FARIDATUS SHOLEHAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (12kB)
[img] Text
3 Pernyataan Keaslian FARIDATUS SHOLEHAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (351kB)

Abstract

Pemahaman terhadap metode pembelajaran merupakan salah satu persyaratan bagi seorang tenaga pendidik yang profesional. Model pembelajaran cooperative learning merupakan model pembelajaran yang bertujuan untuk meningkatkan semanga belajar siswa dalam memahami mata pelajaran. Cooperative learning menerapkan filosofi bahwa manusia adalah mahluk yang berkelompok, sehingga dalam penerapannya cooperative learning menekankan pembelajaran kelompok yang berpusat pada siswa dan guru hanya sebagai fasilitator. Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran kontekstual mata pelajaran PPkn di kelas VIII A Putra SMP Zainul Hasan 1 Genggong, (2) mendeskripsikan kendala-kendala dalam penerapan cooperative learning, (3) mendeskripsikan upaya untuk meningkatkan semangat belajar siswa denga menggunakan model pembelajaran cooperative learning. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subyek penelitian dalam skripsi ini adalah Kepala Sekolah, guru mata pelajaran PPKn dan siswa. Selain itu, penelitian dengan metode deskriptif analitik ini menggunakan 3 teknik pengumpulan data, yaitu : (1) observasi (2) wawancara/interview dan (3) dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan pembelajaran kcooperative learning mata pelajaran PPKn kelas VIII A di SMP Zainul Hasan 1 Genggong sudah berjalan dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan. (2) Pelaksanaan pembelajaran cooperative learning mempunyai banyak kendala diantaranya tidak ada buku paket mata pelajaran atau LKS (lembar kerja siswa) untuk pelajaran PPKn, kurang penerangan dalam kelas menjadikan kelasa redup sehingga pandangan peserta didik berkurang. (3) sekolah dan guru harus merealisasikan kebutuhan peserta didik supaya proses pembelajaran berjalan dengan baik sesuai dengan yang diharapkan dan tidak ada halangan. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran cooperative learning akan berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diharapkan dan mampu memberikan motivasi kepada peserta didik dalam belajar dan mengamalkan pancasila, apalagi ditunjang dengan variasi metode pembelajaran dan sarana pembelajaran yang memadai

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperative Learning, Motivasi Belajar, PPKn
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 16 Jan 2025 07:22
Last Modified: 16 Jan 2025 07:22
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5065

Actions (login required)

View Item View Item