PUTRI, RIZKY AYUSUSANTO (2017) PENANAMAN NILAI NASIONALISME DENGAN FILM DOKUMENTER SEJARAH KEMERDEKAAN PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS X SMKN 1 NGULING KABUPATEN PASURUAN TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
00 COVER RIZKY AYUSUSANTO PUTRI.pdf Download (64kB) | Preview |
|
Text
12 daftar isi RIZKY AYUSUSANTO PUTRI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (167kB) |
||
|
Text
09 abstrak RIZKY AYUSUSANTO PUTRI.pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text
16 BAB 1RIZKY AYUSUSANTO PUTRI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (251kB) |
||
Text
17 BAB 2 RIZKY AYUSUSANTO PUTRI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (303kB) |
||
Text
18 BAB 3 RIZKY AYUSUSANTO PUTRI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (41kB) |
||
Text
19 BAB 4 RIZKY AYUSUSANTO PUTRI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (450kB) |
||
Text
20 BAB 5 RIZKY AYUSUSANTO PUTRI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (99kB) |
||
Text
21 DAFTAR PUSTAKA RIZKY AYUSUSANTO PUTRI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (87kB) |
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah adalah salah satu cara untuk menanamkan nilai nasionalisme pada siswa. Pendidikan Kewarganegaraan di sekolah dapat memberikan motivasi yang kuat sebagai penggerak bagi siswa untuk meneruskan sikap kepahlawanan, sikap kesetiaan, dan sikap rela berkorban. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) sering dianggap sebagai pembelajaran yang bersifat normatif sehingga dianggap tidak menarik dan membosankan. Padahal pelajaran PPKn merupakan pelajaran penting dalam membelajarkan siswa untuk menjadi warga negara yang baik serta mengembangkan dan melestarikan nilai luhur dan moral sehingga nantinya dapat diwujudkan dalam bentuk perilaku kehidupan sehari-hari Bertolak dari konteks yang terjadi maka dalam penelitian ini difokuskan pada permasalahan : Bagaimana penanaman nilai nasionalisme dengan film dokumenter sejarah kemerdekaan pada proses belajar mengajar pendidikan kewarganegaraan kelas X di SMKN 1 Nguling dan kendala-kendala yang di hadapi guru dalam penanaman nilai nasionalisme pada proses belajar mengajar pendidikan Kewarganegaraan kelas X di SMKN 1 Nguling Kabupaten Pasuruan. Dengan tujuan mendiskripsikan penanaman nilai nasionalisme pada proses belajar mengajar pendidikan kewarganegaraan, dan mendiskripsikan kendala hadapi guru dalam penanaman nilai nasionalisme dengan film dokumenter sejarah kemerdekaan pada proses belajar mengajar pendidikan Kewarganegaraan kelas X di SMKN 1 Nguling Kabupaten Pasuruan. Metode peneliti menggunakan pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data dianalisis dengan model Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian penanaman nilai nasionalisme dengan film dokumenter sejarah kemerdekaan pada proses belajar mengajar pendidikan kewarganegaraan, persiapan yang dilakukan guru mempersiapkan materi, media, metode pembelajaran, dan memasukkan nilai nasionalisme kedalam RPP dan Silabus, dalam pelaksanaan guru memaparkan, menjelaskan dan disertai contoh sikapsikap nasionalisme. Penilaian guru terkait sikap dan perilaku peserta didik. Sedangkan Kendala yang dialami guru kurangnya fasilitas lcd pada tiap kelas, ketidak seriusan peserta didik dalam pembelajaran, dan ketidak aktifan peserta didik masuk sekolah.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Nasionalisme, Pendidikan Kewarganegaraan, Dokumenter Sejarah. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 08:04 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 08:04 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5067 |
Actions (login required)
View Item |