OPTIMALISASI SISTEM PELAYANAN TELLER DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA ANTRIAN

ISKANDAR, JONI (2015) OPTIMALISASI SISTEM PELAYANAN TELLER DENGAN MENGGUNAKAN ANALISA ANTRIAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER JONI ISKANDAR.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI 2 JONI ISKANDAR .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (26kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAKSI JONI ISKANDAR .pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text
BAB I JONI ISKANDAR .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (38kB)
[img] Text
BAB II JONI ISKANDAR I.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (480kB)
[img] Text
BAB III JONI ISKANDAR .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV JONI ISKANDAR .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (127kB)
[img] Text
BAB V JONI ISKANDAR .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA JONI ISKANDAR .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (16kB)

Abstract

Antrian merupakan sebuah bagian penting dalam manajemen operasi. Antrian terdapat pada sektor manufaktur maupun pada sektor jasa. Antrian adalah orang – orang atau barang dalam barisan yang sedang menunggu untuk dilayani dan kemudian meninggalkan barisan setelah di layani. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa sistem antrian yang di terapkan dalam memberikan pelayanan yang lebih baik kepada nasabah. Dengan menghitung jumlah total rata-rata kedatangan nasabah dan jumlah total rata –rata orang yang dilayani persatuan waktu serta melakukan optimalisasi jumlah teller yang beroperasi. Hasil menunjukkan bahwa model jenis antrian yang di gunakan pada Bank Rakyat Indonesia unit Besuk aalah jenis antrian Model Single Channel Single Phase dengan menerapkan disipin antrian yaitu First Come – First Serve (FCFS). Laju kedatangan nasabah berdistribusi poisson dengan hasil 17,64 dan pelayanan yang di hasilkan berdistribusi eksponensial dengan hasil 22,22. Total jumlah kedatangan nasabah persatuan waktu (λ) adalah 3.39 menit/orang dan nilai total jumlah rata – rata orang yang dilayani persatuan waktu (µ) adalah 2,69 menit/orang. Jumlah teller yang optimal dalam memberikan pelayanan nasabah adalah dengan melakukan penambahan 1-2 teller yang semula hanya sejumlah 1 teller. Dari hasil perhitungan terlihat bahwa waktu tunggu yang semula 0.2045 jam 12.27 menit menjadi 0.016 jam 0.95 menit.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Antrian, Pelayanan, Kedatangan
Subjects: Fakultas Teknik
Divisions: Teknik Industri
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 21 Feb 2025 02:10
Last Modified: 21 Feb 2025 02:10
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5180

Actions (login required)

View Item View Item