KHOTIMAH, KHOTIJAH HUSNUL (2018) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA KELAS V SDN KEDUNGDALEM 3 KECAMATAN DRINGU KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
Cover KHOTIJAH HUSNUL KHOTIMAH.pdf Download (243kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Daftar Isi KHOTIJAH HUSNUL KHOTIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (91kB) |
|
|
Text
Abstrak KHOTIJAH HUSNUL KHOTIMAH.pdf Download (92kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB 1 KHOTIJAH HUSNUL KHOTIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (148kB) |
|
![]() |
Text
BAB II KHOTIJAH HUSNUL KHOTIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (373kB) |
|
![]() |
Text
BAB III KHOTIJAH HUSNUL KHOTIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (212kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV KHOTIJAH HUSNUL KHOTIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (594kB) |
|
![]() |
Text
BAB V KHOTIJAH HUSNUL KHOTIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (94kB) |
|
![]() |
Text
daftar pustaka KHOTIJAH HUSNUL KHOTIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (80kB) |
Abstract
Berdasarkan keadaan yang ada, sebagian besar siswa masih belum tuntas pada mata pelajaran IPA. Hal ini dikarenakan kurangnya minat siswa pada mata pelajaran ini karena mereka beranggapan bahwa IPA adalah pelajaran yang sulit sehingga hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPA masih terbilang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas V SDN Kedungdalem 3 Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo mata pelajaran IPA dengan Media Video Pembelajaran menggunakan metode Pengembangan Produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kedungdalem 3 Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, instrument tes yang terdiri dari tes awal siklus (Pretest) dan tes akhir siklus (Posttest), dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Media Video Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar dari siklus I 57,5 meningkat menjadi 69,5 pada siklus II. Nilai rata-rata Pretest I adalah 48,3 dan rata-rata Pretest II adalah 53,75 rata-rata Posttest I 67,08 dan rata-rata Posttest II 84.58. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I 33% menjadi 75% pada siklus II.secara keseluruhan dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa kelas V SDN Kedungdalem 3 Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Multimedia Interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Kedungdalem 3 pada mata pelajaran IPA dengan materi Sistem Pencernaan Pada Manusia.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video Pembelajaran , Sistem Pencernaan Pada Manusia |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 May 2025 01:36 |
Last Modified: | 03 May 2025 01:36 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5323 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |