ISKARIMAH, NUR (2018) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KOMIK MATA PELAJARAN IPA MATERI TATA SURYA (KELAS VI DI SDN PAKISTAJI 1 KECAMATAN WONOASIH KOTA PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
CoverSkripsi NUR ISKARIMAH .pdf Download (80kB) | Preview |
|
![]() |
Text
daftar isi NUR ISKARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (72kB) |
|
|
Text
abstrak NUR ISKARIMAH .pdf Download (15kB) | Preview |
|
![]() |
Text
bab 1 NUR ISKARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (303kB) |
|
![]() |
Text
bab 2 NUR ISKARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (324kB) |
|
![]() |
Text
bab 3 NUR ISKARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (413kB) |
|
![]() |
Text
bab 4 NUR ISKARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (265kB) |
|
![]() |
Text
bab 5 NUR ISKARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (92kB) |
|
![]() |
Text
daftar pustaka NUR ISKARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (75kB) |
Abstract
Salah satu permasalahan pembelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) adalah LKS (Lembar Kerja Siswa) yang kurang efektif. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS berbasis Komik untuk siswa kelas VI Sekolah Dasar pada materi tata surya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran).. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VI SD semester II. Pada uji coba awal dilakukan pada seluruh siswa dan satu orang guru SDN Pakistaji 1. Pada uji lapangan dilakukan pada satu kelas yang terdiri dari 25 siswa dan satu guru SDN Pakistaji 1. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi,dan angket. Wawancara, dan observasi digunakan saat analisis kebutuhan dan uji coba sedangkan angket digunakan saat validasi ahli dan uji coba. Penelitian ini menghasilkan LKS berbasis Komik yang secara kuantitatif dan kualitatif layak untuk pembelajaran IPA materi tata surya. Secara kuantitatif, penilaian dari ahli materi dan ahli desaian masing-masing adalah 4,7 dan 4,3, (kriteria sangat baik). Sementara itu secara kuantitatif untuk menilai aspek tampilan dan isi LKS selama uji coba guru memberikan nilai sebesar 4,6 (kriteria sangat baik), Sedangkan nilai dari siswa sebesar 4,6 (kriteria sangat baik). Sedangkan secara kualitatif, LKS berbasis Komik sangat sesuai diterapkan bagi siswa, dapat memotivasi siswa, membuat siswa aktif, dan dapat memberikan petunjuk yang lebih jelas kepada siswa selama proses belajar pembelajaran.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS Komik, Pembelajaran IPA, Tata Surya |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 06 May 2025 02:35 |
Last Modified: | 06 May 2025 02:35 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5327 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |