KARIMAH, NURUL (2018) PENGEMBANGAN MEDIA BIG BOOK MATERI KEDUDUKAN DAN PERAN ANGGOTA KELUARGA PEMBELAJARAN IPS KELAS II SDN MANGUNHARJO II KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER NURUL KARIMAH .pdf Download (142kB) | Preview |
|
![]() |
Text
DAFTAR ISI NURUL KARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (171kB) |
|
|
Text
ABSTRAK NURUL KARIMAH .pdf Download (196kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I NURUL KARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (227kB) |
|
![]() |
Text
BAB II NURUL KARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (282kB) |
|
![]() |
Text
BAB III NURUL KARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (415kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV NURUL KARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (335kB) |
|
![]() |
Text
BAB V NURUL KARIMAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (205kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NURUL KARIMAH .pdf Download (192kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran IPS pada kelas II terkesan menjadi pembelajaran yang membosankan karena model pembelajaran yang digunakan masih konvesional yang mengandalkan metode ceramah dan kurangnya variasi dalam penggunaan media pembelajaran. Hal ini mempengaruhi hasil belajar siswa yang kurang memuaskan pada saat pembelajaran fokus siswa terpecah karena penyampaian materi kurang menarik. Permasalahan di atas perlu diselesaikan salah satu alternatif pemecahan masalah yaitu mengembangkan media pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik siswa. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan media Big Book “Kedudukan dan Peran Anggota Keluarga” yang mempunyai tingkat kevalidan, keterterapan, dan keterbacaan yang digunakan untuk pembelajaran IPS Kelas II SDN Mangunharjo II Kota Probolinggo. Pengembangan Media Big Book ini mengunakan Model Pengembangan Modifikasi Borg&Gall langkah penelitian ini, yaitu (1) Pengumpulan Informasi, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan Produk, (4) Validasi Ahli, (5) Uji Coba Lapangan, (6) Produk Akhir. Uji coba awal terdiri atas validasi ahli materi memperoleh hasil 4,7 dan validasi ahli media 4,5. Uji coba lapangan dilakukan kepada guru dan siswa hasil tingkat keterterapan yang di isi oleh guru mendapat komentar sangat sesuai digunakan sebagai media pembelajaran untuk kelas II dan tingkat keterbacaan yang di isi oleh siswa mendapat komentar sangat setuju menggunakan media Big Book. Hasil tes evaluasi siswa memperoleh nilai tuntas diatas KKM sebanyak 18 siswa dan 3 siswa tidak tuntas
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Big Book, IPS |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 06 May 2025 05:48 |
Last Modified: | 06 May 2025 05:48 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5328 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |