PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN SUKOHARJO 5 TAHUN AJARAN 2017/2018 KOTA PROBOLINGGO

ARIF, SAIFULLAH (2018) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PUISI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN SUKOHARJO 5 TAHUN AJARAN 2017/2018 KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
Halaman Sampul SAIFULLAH ARIF.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi SAIFULLAH ARIF.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak new SAIFULLAH ARIF.pdf

Download (7kB) | Preview
[img] Text
Bab 1 SAIFULLAH ARIF.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (41kB)
[img] Text
Bab 2 SAIFULLAH ARIF.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (57kB)
[img] Text
Bab 3 SAIFULLAH ARIF.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (54kB)
[img] Text
Bab 4 SAIFULLAH ARIF.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (162kB)
[img] Text
Bab 5 SAIFULLAH ARIF.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (34kB)
[img] Text
Bab 6 SAIFULLAH ARIF.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (27kB)
[img] Text
Daftar Pustaka SAIFULLAH ARIF.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (20kB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan awal di SDN Sukoharjo 5 Kota Probolinggo ditemukan masalah dalam pembelajaran Bahasa Iandonesia khususnya pada materi menulis puisi. Dalam kegiatan pembelajaran guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Proses pembelajaran lebih terpusat pada guru sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran menulis puisi siswa hanya diberi penjelasan dan contoh guru kurang tentang puisi kemudian diberi tugas untuk mednulis puisi dengan kemampuannya sendiri. Dalam hal ini, guru kurang memberikan peluang kepada siswa untuk menemukan pengetahuannya sendiri melalui kehidupan nyata. Permasalahan tersebut harus segera diselesaikan. Cara yang dapat ditempuh untuk menyelesaikan masalah tersebut yakni dengan penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran menulis puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Sukoharjo 5 Kota Probolinggo dalam pembelajaran menulis puisi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Sukoharjo 5 Kota Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik tes dan non tes. Teknik tes yang digunakan oleh peneliti beupa tes uraian, sedangkan teknik non tes berupa pengamatan terhadap aktivitas hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada tes pratindakan diperoleh nilai rata-rata 63,8 sedangkan pada siklus I nilai rata-rata mencapai 71,4. Dengan demikian peningkatan nilai rata-rata menulis puisi dari pratindakan ke silkus I sebesar 7,6 poin. Pada siklus II nilai rata-rata mencapai 79,75 mengalami peningkatan sebesar 8,35 poin dari siklus I dan 15,95 poin dari tes pratindakan. Dari hasil yang diperoleh, dapat diambil simpulan bahwa penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka guru disarankan untuk menerapkan model Contextual Teaching and Learning (CTL) karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar menulis puisi
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2025 07:19
Last Modified: 08 May 2025 07:19
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5330

Actions (login required)

View Item View Item