NURHAYATI, SISKA (2018) MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (PKR) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD BERBENTUK PUZZLE KELAS 1 DAN 2 DI SDN SAPIH I LUMBANG KAB. PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1 Cover SISKA NURHAYATI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8 Daftar Isi SISKA NURHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (188kB) |
|
|
Text
13 Abstrak SISKA NURHAYATI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
![]() |
Text
14 BAB I SISKA NURHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (201kB) |
|
![]() |
Text
15 BAB II SISKA NURHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (701kB) |
|
![]() |
Text
16 BAB III SISKA NURHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (304kB) |
|
![]() |
Text
17 BAB IV SISKA NURHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
|
![]() |
Text
18 BAB V SISKA NURHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (182kB) |
|
![]() |
Text
19 Daftar Pustaka SISKA NURHAYATI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (187kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) menggunakan media flashcard berbentuk puzzle meningkatkan aktivitas pembelajaran di SDN Sapih I Lumbang. Aktivitas pembelajaran guru meliputi membuka pembelajaran, melaksanakan kegiatan inti, menutup pembelajaran, serta faktor penunjang. Sedangkan aktivitas pembelajaran siswa meliputi visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, metrik, mental dan emosional. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 dan 2 SDN Sapih I Lumbang, siswa kelas 1 terdiri dari 8 siswa, kelas 2 terdiri dari 15 siswa. Hasil penelitian ini adalah: penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) menggunakan media flashcard berbentuk puzzle meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran tematik. Dengan aktivitas guru pada siklus I mencapai 68% dan siklua 2 mencapai 85%. Aktivitas siswa kelas 1 pada siklus I mencapai 48%, siklus II mencapai 74%, aktivitas kelas 2 ada siklus I menunjukkan 38%, siklus 2 menunjukkan 70%. Begitupun dengan hasil prestasi siswa yang juga mengalami peningkatan, hasil belajar kelas 1 siklus 1 mencapai 62%, siklus II mencapai 76%. Hasil belajar kelas 2 pada siklus I mencapai 59%, siklus 2 mencapai 72%.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR), Media Flashcard berbentukPuzzle |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 08 May 2025 08:30 |
Last Modified: | 08 May 2025 08:30 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5331 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |