MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (PKR) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD BERBENTUK PUZZLE KELAS 1 DAN 2 DI SDN SAPIH I LUMBANG KAB. PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018-2019

NURHAYATI, SISKA (2018) MENINGKATKAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (PKR) MELALUI PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD BERBENTUK PUZZLE KELAS 1 DAN 2 DI SDN SAPIH I LUMBANG KAB. PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1 Cover SISKA NURHAYATI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img] Text
8 Daftar Isi SISKA NURHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
13 Abstrak SISKA NURHAYATI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img] Text
14 BAB I SISKA NURHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (201kB)
[img] Text
15 BAB II SISKA NURHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (701kB)
[img] Text
16 BAB III SISKA NURHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (304kB)
[img] Text
17 BAB IV SISKA NURHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (1MB)
[img] Text
18 BAB V SISKA NURHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (182kB)
[img] Text
19 Daftar Pustaka SISKA NURHAYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (187kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) menggunakan media flashcard berbentuk puzzle meningkatkan aktivitas pembelajaran di SDN Sapih I Lumbang. Aktivitas pembelajaran guru meliputi membuka pembelajaran, melaksanakan kegiatan inti, menutup pembelajaran, serta faktor penunjang. Sedangkan aktivitas pembelajaran siswa meliputi visual, lisan, mendengarkan, menulis, menggambar, metrik, mental dan emosional. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat kegiatan, yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas 1 dan 2 SDN Sapih I Lumbang, siswa kelas 1 terdiri dari 8 siswa, kelas 2 terdiri dari 15 siswa. Hasil penelitian ini adalah: penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) menggunakan media flashcard berbentuk puzzle meningkatkan aktivitas dalam pembelajaran tematik. Dengan aktivitas guru pada siklus I mencapai 68% dan siklua 2 mencapai 85%. Aktivitas siswa kelas 1 pada siklus I mencapai 48%, siklus II mencapai 74%, aktivitas kelas 2 ada siklus I menunjukkan 38%, siklus 2 menunjukkan 70%. Begitupun dengan hasil prestasi siswa yang juga mengalami peningkatan, hasil belajar kelas 1 siklus 1 mencapai 62%, siklus II mencapai 76%. Hasil belajar kelas 2 pada siklus I mencapai 59%, siklus 2 mencapai 72%.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR), Media Flashcard berbentukPuzzle
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 08 May 2025 08:30
Last Modified: 08 May 2025 08:30
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5331

Actions (login required)

View Item View Item