AMALIA, SITI USWATUL (2018) PENGEMBANGAN MEDIA EDUKATIF POHON PENJUMLAHAN PADA PELAJARAN MATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (KELAS 1 DI SDI NURUL HIDAYAH PROBOLINGGO). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. cover SITI USWATUL AMALIA .pdf Download (99kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8. Daftar Isi SITI USWATUL AMALIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (160kB) |
|
|
Text
11. Abstrak SITI USWATUL AMALIA .pdf Download (88kB) | Preview |
|
![]() |
Text
12. BAB 1 NEW SITI USWATUL AMALIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (278kB) |
|
![]() |
Text
13. BAB 2 NEW SITI USWATUL AMALIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (522kB) |
|
![]() |
Text
14. BAB 3 NEW SITI USWATUL AMALIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (529kB) |
|
![]() |
Text
15. BAB 4 NEW SITI USWATUL AMALIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (637kB) |
|
![]() |
Text
16. BAB 5 NEW SITI USWATUL AMALIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (152kB) |
|
![]() |
Text
17. Daftar Pustaka SITI USWATUL AMALIA .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (157kB) |
Abstract
Berdasarkan pengumpulan informasi pada pembelajaranmatematika kelas I di SD1Nurul Hidayah kademangan Kota Probolinggo ditemukan masalah, yaitu: (1) siswa kurang menyukai pelajaran Matematika, (2) dalam proses pembelajaran guru belum menggunakan media yang dapat membantu dalam menjelaskan pemahaman siswa mengenai materi pelajaran. Tujuan pengembangan ini untuk mengatasi permasalahan di atas dengan menghasilkan produk berupa media pembelajaran yang sesuai dengan keadaan siswa, membantu siswa untuk belajar lebih aktif dengan meningkatkan kemampuan kognitif dan psikomotor siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi: (1) pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba, (6) penyempurnaan hasil produk. Hasil validasi ahli materi mencapai 92%. Dan hasil validasi ahli media mencapai 91%. Uji coba terbatas dilakukan kepada guru. Hasil angket guru mencapai 91% dan hasil evaluasi belajar siswa mencapai 91%. Berdasarkan hasil di atas, media edukatif pohon penjumlahan telah valid, praktis, dan efektif. Kesimpulan dari penelitian pengembangan produk media edukatifpohon penjumlahan diatas, dapat disarankan (1) guru harus memahami dengan baik panduan produk Media edukatif pohon penjumlahan, (2) dilakukan penyebaran secara luas atau diseminasi, dan (3) pengembangan produk lebih lanjut sebaiknya menambahkan gambar yang kontras dan hiasanyang lebih banyak.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Edukatif , Pohon penjumlahan, minat belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 10 May 2025 01:56 |
Last Modified: | 10 May 2025 01:56 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5333 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |