PENGEMBANGAN LKS BERORIENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TEMA BERBAGAI JENIS PEKERJAAN SISWA KELAS IV SD NEGERI KRUCIL 2

MARCELLINO, WARAS SEPTIAN PRASETYO (2018) PENGEMBANGAN LKS BERORIENTASI CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA TEMA BERBAGAI JENIS PEKERJAAN SISWA KELAS IV SD NEGERI KRUCIL 2. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
01halaman sampul WARAS SEPTIAN PRASETYO MARCELLINO .pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text
12. daftar isi skripsi WARAS SEPTIAN PRASETYO MARCELLINO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (257kB)
[img]
Preview
Text
10. ABSTRAK WARAS SEPTIAN PRASETYO MARCELLINO .pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
13. BAB I WARAS SEPTIAN PRASETYO MARCELLINO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (246kB)
[img] Text
14. BAB II WARAS SEPTIAN PRASETYO MARCELLINO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (300kB)
[img] Text
15. BAB III WARAS SEPTIAN PRASETYO MARCELLINO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (305kB)
[img] Text
16. BAB IV WARAS SEPTIAN PRASETYO MARCELLINO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (201kB)
[img] Text
17. BAB V WARAS SEPTIAN PRASETYO MARCELLINO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (14kB)
[img] Text
18. DAFTAR PUSTAKA WARAS SEPTIAN PRASETYO MARCELLINO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (8kB)

Abstract

Penggunaan LKS dalam pembelajaran sangatlah diperlukan dan berperan penting dalam proses pembelajaran aktif. LKS (lembar kegiatan siswa) bukan hanya berisi tentang tugas-tugas atau pertanyaan yang diberikan guru, melainkan LKS juga berisi tentang petunjuk, langkah-langkah dalam pengerjaan tugas yang bertujuan untuk mengembangkan semua aspek dalam pembelajaran. Contextual Teaching and Learning menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan LKS berorientasi contextual teaching and learning (CTL) yang dapat digunakan siswa kelas IV SD Negeri Krucil 2 serta mengetahui keefektifan dan kevalidan LKS berorientasi contextual teaching and learning (CTL) tema berbagai pekerjaan sub tema jenis pekerjaan pada siswa kelas IV SD Negeri Krucil 2 Kabupaten Probolinggo Tahun 20172018. Model pengembangan yang digunakan adalah model Research and Development (R&D) Borg dan Gall. Lokasi penelitian yang dipilih adalah SD Negeri Krucil 2 Kabupaten Probolinggo. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu: Observasi, Wawancara, Soal Evaluasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dan analisis data deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan LKS Berorientasi Contextual Teaching and Learning Valid dan baik digunakan sebagai bahan ajar, hal tersebut dapat dilihat dari hasil validasi dari beberapa ahli yaitu: ahli materi, ahli media pembelajaran, guru kelas dan siswa. Kemudian dengan memberikan soal evaluasi kepada siswa menunjukkan bahwa siswa mampu memperoleh nilai diatas rata-rata, hal ini menunjukkan bahwa LKS Berorientasi Contextual Teaching and Learning efektif di gunakan sebagai bahan ajar. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang sudah diuraikan maka diperoleh kesimpulan bahwa LKS Berorientasi Contextual Teaching and Learning layak digunakan sebagai media pembelajaran , hal itu dapat dilihat dari hasil validasi produk dari beberapa ahli yang menunjukkan kriteria valid dan hasil uji keefektifan kepada siswa yang menunjukkan kriteria efektif.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKS,Contextual Teaching and Learning
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 15 May 2025 05:32
Last Modified: 15 May 2025 05:32
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5340

Actions (login required)

View Item View Item