PENGEMBANGAN MEDIA BERMAIN KARTU PIB (PICTURE IN THE BOX) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR BAGIAN BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA (KELAS VI SDN TAMANSARI I KAB. PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018-2019)

RATNASARI, YUSI LUKI ANGGARINI (2018) PENGEMBANGAN MEDIA BERMAIN KARTU PIB (PICTURE IN THE BOX) PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI STRUKTUR BAGIAN BAGIAN TUMBUHAN DAN FUNGSINYA (KELAS VI SDN TAMANSARI I KAB. PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2018-2019). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1-sampul YUSI LUKI ANGGARINI RATNASARI .pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
14-DAFTAR ISI YUSI LUKI ANGGARINI RATNASARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
12-ABSTRAK YUSI LUKI ANGGARINI RATNASARI .pdf

Download (12kB) | Preview
[img] Text
18-BAB I YUSI LUKI ANGGARINI RATNASARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (211kB)
[img] Text
19-BAB II YUSI LUKI ANGGARINI RATNASARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (322kB)
[img] Text
20-BAB III YUSI LUKI ANGGARINI RATNASARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (265kB)
[img] Text
21-BAB IV YUSI LUKI ANGGARINI RATNASARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (529kB)
[img] Text
22-BAB V YUSI LUKI ANGGARINI RATNASARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (20kB)
[img] Text
23-DAFTAR PUSTAKA YUSI LUKI ANGGARINI RATNASARI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (88kB)

Abstract

Melalui media Bermain Kartu PIB (Picture In the Box) pada mata pelajaran IPA siswa siswa kelas VI SDN Tamansari I diajak untuk belajar sambil bermain didalam kelas, bermain yang dimaksud disini ialah memainkan media yang telah kembangkan, sehingga mereka dapat berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung dengan demikian mereka akan termotivasi dan hasil belajarnya meningkat. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk Pengembangan Media Bermain Kartu PIB (Picture In the Box) Pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur Bagian-Bagian Tumbuhan Dan Fungsinya (Kelas VI SDN Tamansari I Kab. Probolinggo Tahun Pelajaran 2018-2019) yang memiliki tingkat kevalidan, keterterapan dan keterbacaan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengam menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari beberapa tahapan yang saling berkaitan, yakni Analysis (analisis), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Implementation (uji coba/penerapan), Evaluation (perbaikan). Data yang dianalisis diperoleh dengan cara memberikan angket kepada para ahli validasi dan angket uji coba pada guru dan siswa. Sesuai dengan indicator (1) hasil analisis kevalidan, (2) uju coba keterterapan, (3) uji coba keterbacaan guru dan siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk produk Pengembanganmedia bermain kartu PIB (Picyure In the Box) pada mata pelajaran IPA materi struktur bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya kelas VI SDN Tamansari I sudah mempunyai tingkat kevalidan dengan skor 4,75 dikategorikan valid, keterterapan dengan skor rata-rata 4,67 kategori sesuai, dan keterbacaan dengan skor rata-rata 4,25 dikategorikan sesuai. Dari hasil jumlah skor rata-rata tersebut, dapat dikatakan bahwa media pembelajaran ini sudah layak digunkan karena hanya memerlukan revisi kecil.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Bermain Kartu PIB, Pembelajaran IPA
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 17 May 2025 02:33
Last Modified: 17 May 2025 02:33
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5344

Actions (login required)

View Item View Item