SHAFIRA, ADIRISMA RORO (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SD RAUDLATUL JANNAH TAHUN PELAJARAN 2017- 2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1.Cover Skripsi ADIRISMA RORO SHAFIRA.pdf Download (102kB) | Preview |
|
![]() |
Text
8.Daftar Isi ADIRISMA RORO SHAFIRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (21kB) |
|
|
Text
13.ABSTRAK ADIRISMA RORO SHAFIRA.pdf Download (85kB) | Preview |
|
![]() |
Text
14.BAB I new ADIRISMA RORO SHAFIRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (274kB) |
|
![]() |
Text
15.BAB II ADIRISMA RORO SHAFIRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (238kB) |
|
![]() |
Text
16.BAB III ADIRISMA RORO SHAFIRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (394kB) |
|
![]() |
Text
17.BAB IV ADIRISMA RORO SHAFIRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (856kB) |
|
![]() |
Text
18.BAB V ADIRISMA RORO SHAFIRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (89kB) |
|
![]() |
Text
19.DAFTAR PUSTAKA ADIRISMA RORO SHAFIRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (88kB) |
Abstract
Berdasarkan keadaan yang ada, sebagian besar siswa masih belum tuntas pada mata pelajaran Matematika. Hal ini dikarenakan kurangnya minat siswa pada mata pelajaran ini karena mereka beranggapan bahwa Matematika adalah pelajaran yang sulit sehingga hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran Matematika masih terbilang rendah. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menerapkan model Inside Outside Circle (IOC) dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Raudlatlul Jannah Kecamatan Gending mata pelajaran Matematika dengan model Inside Outside Circle (IOC). Untuk mencapai maksud tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Raudlatul Jannah Kecamatan Gending. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, instrument tes yang terdiri dari tes awal siklus (Pretest) dan tes akhir siklus (Posttest), dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan rata-rata hasil belajar dari siklus I 57,5 meningkat menjadi 69,5 pada siklus II. Nilai rata-rata Pretest I adalah 48,3 dan rata-rata Pretest II adalah 53,75 rata-rata Posttest I 67,08 dan rata-rata Posttest II 84.58. Ketuntasan belajar meningkat dari siklus I 33% menjadi 75% pada siklus II.secara keseluruhan dari siklus I dan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa kelas VI SD Raudlatul Jannah Kecamatan Gending. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD Raudlatul Jannah pada mata pelajaran Matematika dengan materi Bangun Datar.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Inside Outside Circle (IOC), Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 21 May 2025 07:11 |
Last Modified: | 21 May 2025 07:11 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5350 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |