DEWI, AYU SINTA (2017) PENERAPAN METODE SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SDN WONOASIH 1 KOTA PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017–2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1. COVER AYU SINTA DEWI .pdf Download (91kB) | Preview |
|
![]() |
Text
14. Daftar Isi AYU SINTA DEWI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (82kB) |
|
|
Text
11. Halaman Abstrak AYU SINTA DEWI .pdf Download (90kB) | Preview |
|
![]() |
Text
15. BAB I AYU SINTA DEWI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (129kB) |
|
![]() |
Text
16. BAB II AYU SINTA DEWI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (148kB) |
|
![]() |
Text
17. BAB III AYU SINTA DEWI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (197kB) |
|
![]() |
Text
18. BAB IV AYU SINTA DEWI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (924kB) |
|
![]() |
Text
19. BAB V AYU SINTA DEWI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (74kB) |
|
![]() |
Text
20. DAFTAR PUSTAKA AYU SINTA DEWI .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (77kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan berbicara siswa di depan kelas pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dari hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti, ketika siswa diberi kesempatan untuk berbicara di depan kelas masih banyak siswa yang malu-malu, tersendat-sendat saat berbicara, menundukkan kepala, dan berbicara dengan suara yang kecil terkadang menutupi wajahnya dengan buku yang dipegangnya serta kurangnya partisipasi siswa saat mengungkapkan pendapat atau memberikan tanggapan di kelas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode show and tell, sehingga didapat rumusan masalah yakni 1) bagaimana cara penerapan metode show and tell pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan 2) bagaimana hasil peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode show and tell pada siswa kelas III Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Hopkins dan dilaksanakan sebanyak II siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Wonoasih 1 Kota Probolinggo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan meliputi instrumen pengukur keterampilan berbicara siswa melalui tes lisan, lembar observasi pelaksanaan metode show and tell, wawancara dan dokumentasi. Pengolahan data meliputi pengolahan data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) cara penerapan metode show and tell pada mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu secara satu persatu siswa maju ke depan kelas untuk menceritakan pengalaman dengan menunjukkan benda yang berkaitan dengan pengalaman yang dialami. 2) hasil keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode show and tell mengalami peningktan. Hal ini ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan sikap berbicara siswa pada siklus I (31%) menjadi (61%) dan pada siklus II (78%) menjadi (92%). Dalam aspek aktivitas siswa juga terjadi peningkatan pada siklus I (2,25) menjadi (2,33) dan pada siklus II (2,58) menjadi (3,17). Ini berarti dapat dikatakan terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada siswa kelas III SDN Wonoasih 1 Kota Probolinggo. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa metode show and tell dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SDN Wonoasih 1 Kota Probolinggo pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi menceritakan pengalaman
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Show and Tell, Keterampilan Berbicara, Bahasa Indonesia |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 21 May 2025 09:04 |
Last Modified: | 21 May 2025 09:04 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5352 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |