KHOIRIYAH, FASTAMIUL (2017) IMPLEMENTASI KONSEP ASAH ASIH ASUH DALAM MEMBENTUK KARAKTER MORAL PANCASILA (STUDI PADA KELAS VII MTs RAUDATUL HASANIYAH KECAMATAN KEDOPOK KOTA PROBOLINGGO) TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
Cover FASTAMIUL KHOIRIYAH .pdf Download (132kB) | Preview |
|
![]() |
Text
HALAMAN DAFTAR ISI FASTAMIUL KHOIRIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (86kB) |
|
|
Text
Halaman Abstrak.pdf Download (166kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I FASTAMIUL KHOIRIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (405kB) |
|
![]() |
Text
BAB II FASTAMIUL KHOIRIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (371kB) |
|
![]() |
Text
BAB III FASTAMIUL KHOIRIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (298kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV FASTAMIUL KHOIRIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (237kB) |
|
![]() |
Text
BAB V FASTAMIUL KHOIRIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (160kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA FASTAMIUL KHOIRIYAH .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (180kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengetahuan siswa akan konsep nilai karakter dan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila kurang sehingga fokus penelitian yang diambil adalah: (1) Bagaimana Implementasi Konsep Asah Asih Asuh dalam membentuk karakter moral pancasila, (2) Hambatan-hambatan apa saja yang dihadapi dalam membentuk moral pancasila, (3) Upaya apa saja yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam membentuk moral pancasila. Penelitian ini dilakukan di MTs Raudatul Hasaniyah Kota Probolinggo, Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi dengan Guru dan Kepala Sekolah. Jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif dan analisis hasil yang dipakai adalah menggunakan kualitatif dengan analisis data non statistik, dalam bentuk paparan komparatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada Implementasi Konsep Asah Asih Asuh dalam membentuk karakter moral pancasila guru sudah menerapkan konsep asah asih asuh dalam kegiatan sekolah diantaranya: Nilai Religius: Sebelum masuk kelas siswa melaksanakan sholat dhuha berjamaah. Nilai Kedisiplinan: Setiap hari senin siswa beserta guru-guru melaksanakan upacara bendera dengan memakai atribut lengkap. Nilai Tanggung Jawab: Guru memberikan materi kepada siswa dengan membimbing siswa dalam memahami setiap materi yang di ajarkan. Dari penelitian diatas dapat disimpulkan pada kegiatan pengimplementasian konsep asah asih asuh dalam membentuk karakter moral pancasila, siswa sudah menerapkannya dalam kegiatan sekolah, misalnya 1) Setiap hari senin siswa diwajibkan melaksanakan upacara bendera dengan memakai atribut lengkap dan seragam yang rapi, datang kesekolah tepat waktu dan tidak membolos sekolah. 2) Sebelum masuk kelas siswa diwajibkan melaksanakan sholat dhuha berjamaah dengan bimbingan guru agama. 3) Sebelum pelajaran dimulai siswa membersihkan kelas dan halaman kelas agar terciptanya lingkungan kelas dan sekolah yang bersih
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Asah-Asih-Asuh, Karakter, Moral Pancasila |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 22 May 2025 06:08 |
Last Modified: | 22 May 2025 06:08 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5357 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |