RUKYAT, ILYAS (2017) PENGEMBANGAN TEKNIK MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN BERWAWASAN PERMAINAN STUDI KELAS IV SDN MAYANGAN 2 KOTA PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER ILYAS RUKYAT .pdf Download (27kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Daftar Isi ILYAS RUKYAT .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (83kB) |
|
|
Text
abstrak ILYAS RUKYAT .pdf Download (83kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I ILYAS RUKYAT .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (136kB) |
|
![]() |
Text
BAB II ILYAS RUKYAT .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (111kB) |
|
![]() |
Text
BAB III ILYAS RUKYAT .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (192kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV ILYAS RUKYAT .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (230kB) |
|
![]() |
Text
BAB V ILYAS RUKYAT .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (88kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA ILYAS RUKYAT .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (89kB) |
Abstract
Penelitian dan pengembanagan ini dilakukan atas dasar terjadinya beberapa kasus tidak efesiennya kegiatan pembelajaran di kelas IV SDN Mayangan 2. Bertolak dari konteks yang terjadi maka dalam penelitian dan pengembangan ini difokuskan pada untuk meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran serta memperbaiki mutu pendidikan di SDN Mayangan 2. Adapun permasalahan yang selama ini terjadi, yaitu: (1) guru belum memahami tentang perangkat pembelajaran, (2) belum menerapkan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru, (3) kesulitan guru dalam memilih perangkat pembelajaran yang sesuai dengan pelajaran yang sedang dilaksanakan, (4) butuh waktu dan biaya. Masalah diatas perlu diadakan perbaikan, guna untuk mecapai tujuan pembelajaran yang lebih baik. Apabila permasalahan diatas dibiarkan begitu saja maka akan berdampak tidak baik serta apa yang menjadi tujuan pendidikan tidak akan tercapai Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dan membutuhkan 4 ahli untuk dinyatakan valid.Produk yang dihasilkan berupa panduan teknik membuka dan penutup pembelajaran. Panduan ini berisikan tentang cara guru untuk membuka dan menutup pembelajaran yang berwawasan permainan sehingga menjadikan pembelajaran menjadi efektif, dan edukatif.. Adapun ahli kevalidan: (1) ahli kurikulum, (2) ahli evaluasi pembelajaran, (3) angket guru, dan (4) angket siswa. Hasil validasi ahli dan uji coba lapangan merupakan data yang paling penting untuk merevisi produk agar lebih sempurna. Berdasarkan hasil uji ahli evaluasi pembelajaran diperoleh sebesar 5,24 yaitu nilai tersebut valid, hasil uji ahli kurikulum mendapat nilai 4,95 termasuk dalam kualifikasi valid. Pada hasil coba lapangan menyatakan bahwa bahwa teknik membuka dan menutup pembelajaran berwawasan permainan memiliki keterterapan memperoleh skor 4,2 dengan kategori sesuai. Panduan teknik membuka dan menutup pembelajaran berwawasan permainan berisi berbagai macam bentuk permainan membuka dan menutup pembelajaran yang dapat memudahkan guru untuk menerapkan dalam kegiatan proses belajar mengajar. Panduan ini berisikan tentang cara guru untuk membuka dan menutup pembelajaran yang berwawasan permainan sehingga menjadikan pembelajaran menjadi efektif, dan edukatif
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Membuka dan menutup pembelajaran, berwawasan permainan |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 23 May 2025 02:08 |
Last Modified: | 23 May 2025 02:08 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5360 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |