PENGEMBANGAN TEKNIK MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN BERWAWASAN PERMAINAN STUDI KELAS IV SDN MAYANGAN 2 KOTA PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018

RUKYAT, ILYAS (2017) PENGEMBANGAN TEKNIK MEMBUKA DAN MENUTUP PEMBELAJARAN BERWAWASAN PERMAINAN STUDI KELAS IV SDN MAYANGAN 2 KOTA PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017-2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER ILYAS RUKYAT .pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
Daftar Isi ILYAS RUKYAT .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (83kB)
[img]
Preview
Text
abstrak ILYAS RUKYAT .pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text
BAB I ILYAS RUKYAT .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (136kB)
[img] Text
BAB II ILYAS RUKYAT .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (111kB)
[img] Text
BAB III ILYAS RUKYAT .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV ILYAS RUKYAT .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (230kB)
[img] Text
BAB V ILYAS RUKYAT .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA ILYAS RUKYAT .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (89kB)

Abstract

Penelitian dan pengembanagan ini dilakukan atas dasar terjadinya beberapa kasus tidak efesiennya kegiatan pembelajaran di kelas IV SDN Mayangan 2. Bertolak dari konteks yang terjadi maka dalam penelitian dan pengembangan ini difokuskan pada untuk meningkatkan kualitas perangkat pembelajaran serta memperbaiki mutu pendidikan di SDN Mayangan 2. Adapun permasalahan yang selama ini terjadi, yaitu: (1) guru belum memahami tentang perangkat pembelajaran, (2) belum menerapkan keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru, (3) kesulitan guru dalam memilih perangkat pembelajaran yang sesuai dengan pelajaran yang sedang dilaksanakan, (4) butuh waktu dan biaya. Masalah diatas perlu diadakan perbaikan, guna untuk mecapai tujuan pembelajaran yang lebih baik. Apabila permasalahan diatas dibiarkan begitu saja maka akan berdampak tidak baik serta apa yang menjadi tujuan pendidikan tidak akan tercapai Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dan membutuhkan 4 ahli untuk dinyatakan valid.Produk yang dihasilkan berupa panduan teknik membuka dan penutup pembelajaran. Panduan ini berisikan tentang cara guru untuk membuka dan menutup pembelajaran yang berwawasan permainan sehingga menjadikan pembelajaran menjadi efektif, dan edukatif.. Adapun ahli kevalidan: (1) ahli kurikulum, (2) ahli evaluasi pembelajaran, (3) angket guru, dan (4) angket siswa. Hasil validasi ahli dan uji coba lapangan merupakan data yang paling penting untuk merevisi produk agar lebih sempurna. Berdasarkan hasil uji ahli evaluasi pembelajaran diperoleh sebesar 5,24 yaitu nilai tersebut valid, hasil uji ahli kurikulum mendapat nilai 4,95 termasuk dalam kualifikasi valid. Pada hasil coba lapangan menyatakan bahwa bahwa teknik membuka dan menutup pembelajaran berwawasan permainan memiliki keterterapan memperoleh skor 4,2 dengan kategori sesuai. Panduan teknik membuka dan menutup pembelajaran berwawasan permainan berisi berbagai macam bentuk permainan membuka dan menutup pembelajaran yang dapat memudahkan guru untuk menerapkan dalam kegiatan proses belajar mengajar. Panduan ini berisikan tentang cara guru untuk membuka dan menutup pembelajaran yang berwawasan permainan sehingga menjadikan pembelajaran menjadi efektif, dan edukatif

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membuka dan menutup pembelajaran, berwawasan permainan
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2025 02:08
Last Modified: 23 May 2025 02:08
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item View Item