PENERAPAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I SEMESTER GANJIL DI SDN AMBULU I SUMBERASIH – PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

RUKU, METRIYANI (2017) PENERAPAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS I SEMESTER GANJIL DI SDN AMBULU I SUMBERASIH – PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
cover skripsi METRIYANI RUKU.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text
Daftar isi METRIYANI RUKU.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
Abstrak METRIYANI RUKU.pdf

Download (91kB) | Preview
[img] Text
BAB I METRIYANI RUKU.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (52kB)
[img] Text
BAB II METRIYANI RUKU.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (192kB)
[img] Text
BAB III METRIYANI RUKU.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (650kB)
[img] Text
BAB IV METRIYANI RUKU.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (878kB)
[img] Text
BAB V BARU METRIYANI RUKU.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA BARU METRIYANI RUKU.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (5kB)

Abstract

Permasalahan yang ditemukan saat proses pembelajaran dikelas 1SD adalah masih rendahnya minat membaca permulaan pada anak, khususnya kemampuan menyebutkan dan membaca suku kata sesuai dengan simbol hurufnya. Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada anak SD khususnya kelas 1 belum menggunakan media yang menarik minat anak dalam membaca. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa pada anak untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan melalui penggunaan media kartu bergambar dan kartu huruf. Metode penilitian yang digunakan adalah metode penilitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dari siklus I sampai dengan siklus II. Dalam penelitian ini kemampuan bahasa anak dalam hal minat membaca menggunakan media kartu bergambar dan kartu huruf dapat meningkat, sehingga kriteria yang diharapkan dapat tercapai 90% meningkat. Dengan demikian, penilitian ini dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan kartu bergambar dan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak, khususnya anak SD kelas 1.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca permulaan, media kartu gambar,kartu huruf
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2025 03:41
Last Modified: 23 May 2025 03:41
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5364

Actions (login required)

View Item View Item