UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN LUAS BANGUN MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD DAN QUIZ PADA SISWA KELAS III SDN WIDORO KECAMATAN KREJENGAN KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

HABIBAH, NINA (2017) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN LUAS BANGUN MELALUI MODEL KOOPERATIF STAD DAN QUIZ PADA SISWA KELAS III SDN WIDORO KECAMATAN KREJENGAN KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
01 COVER 1 DEPAN NINA HABIBAH.pdf

Download (73kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR IS1 baru NINA HABIBAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (148kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK baru NINA HABIBAH.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
04 BAB I NINA HABIBAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (155kB)
[img] Text
05 BAB II NINA HABIBAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (237kB)
[img] Text
06 BAB III NINA HABIBAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (202kB)
[img] Text
07 BAB IV NINA HABIBAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (870kB)
[img] Text
08 BAB V NINA HABIBAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (57kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA NINA HABIBAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Widoro Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo yang terdiri dari 20 siswa dengan rincian 6 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam melakukan penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi dan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif STAD dan Quiz. Data yang peroleh peroleh dalam penelitian ini berdasarkan pada rumusan masalah yang telah dirumuskan sebagai berikut : Bagaimana Upaya Meningkatkan Pemahaman Luas Bangun Melalui Model Kooperatif STAD dan Quiz Pada Siswa Kelas III SDN Widoro Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/2018? Hal ini terlihat dari adanya peningkatan presentase rata-rata dari data pra tindakan yang awalnya 6 siswa (24%) yang mendapat kriteria tinggi, 5 siswa (20%) yang mendapat kriteria cukup, 9 siswa (56%) yang mendapat kriteria rendah, setelah tindakan pada siklus I pertemuan ke 1 siswa dengan kriteria tinggi yang 10 siswa (50%), dan siswa dengan kriteria cukup tetap 6 siswa (30%), sedangkan siswa yang kriteria rendah turun menjadi 4 siswa (20%). Pada siklus I pertemuan ke 2 siswa dengan kriteria tinggi semakin naik lagi menjadi 11 siswa (55%), 7 siswa (35%) dengan kriteria cukup, 2 siswa (10%) dengan kriteria rendah. Dan hasil observasi prestasi belajar siswa pada siklus II pertemuan ke 1 siswa dengan kriteria tinggi meningkat menjadi 13 siswa (65%), dan siswa dengan kriteria cukup tetap 4 siswa (20%), sedangkan siswa yang kriteria rendah turun menjadi 3 siswa (15%). Pada siklus II pertemuan ke 2 menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu siswa dengan kriteria tinggi menjadi 15 siswa (75%), siswa dengan kriteria cukup menjadi 3 siswa (15%), dan 2 sisiwa (10%) kriteria rendah.Bagaimana hasil penggunaan model kooperatif STAD dan Quiz dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Luas Bangun Melalui Pada Siswa Kelas III SDN Widoro Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo Tahun Pelajaran 2017/2018? Hal ini dapat dilihat dari hasil pre tes (data pra tindakan) yang awalnya nilai rata-rata Matematika siswa kelas III 70 kurang dari KKM setelah tes akhir siklus I nilai rata-rata siswa menjadi 70 pas dengan KKM dan setelah tes akhir siklus II nilai rata-rata siswa menjadi 80 di atas KKM.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif STAD, Quiz, Pembelajaran Matematika, Luas Bangun Datar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2025 05:51
Last Modified: 23 May 2025 05:51
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5365

Actions (login required)

View Item View Item