MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE MENJIPLAK PADA SISWA KELAS II DI SDN AMBULU I SUMBERASIH PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018

UTAMININGDYAH, NOVIANTI TRI (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG MELALUI METODE MENJIPLAK PADA SISWA KELAS II DI SDN AMBULU I SUMBERASIH PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017 / 2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER NOVIANTI TRI UTAMININGDYAH .pdf

Download (45kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI NOVIANTI TRI UTAMININGDYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (30kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK NOVIANTI TRI UTAMININGDYAH .pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 NOVIANTI TRI UTAMININGDYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (265kB)
[img] Text
BAB II NOVIANTI TRI UTAMININGDYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (394kB)
[img] Text
BAB III NOVIANTI TRI UTAMININGDYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (488kB)
[img] Text
BAB IV NOVIANTI TRI UTAMININGDYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (664kB)
[img] Text
BAB V NOVIANTI TRI UTAMININGDYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NOVIANTI TRI UTAMININGDYAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk tujuan penelitan tindakan kelas ini adalah untuk menghasilkan produk Meningkatkan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui Metode Menjiplak Pada Siswa Kelas II Di Sekolah Dasar Negeri Ambulu I Sumberasih Probolinggo Tahun Pelajaran 2017 / 2018 yang mempunyai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan kemenarikan. Dan data yang dianalisis diperoleh dengan cara memberikan tes, wawancara, dan observasi langsung kepada subjek yang diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa produk penelitian metode pembelajaran Menjiplak berwawasan kecerdasan interpersonal untuk kelas II di Sekolah Dasar Negeri Ambulu I Sumberasih yang mempunyai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan kemenarikan. Sesuai dengan indikator (1) penerapan metode, (2) hasil analisis kevalidan, (3) uji coba kepraktisan guru dan peserta didik, (4) uji coba kemenarikan peserta didik. Permasalahan yang menjadi acuan yaitu Bagaimana penerapan kemampuan menulis tegak bersambung siswa kelas II melalui metode menjiplak di Sekolah Dasar Negeri Ambulu 1 Kecamatan Sumberasih Kabupaten. Probolinggo, Bagaimana penerapan Metode menjiplak pada siswa kelas II di Sekolah Dasar Negeri Ambulu 1 Kec. Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Metode Penelitian menggunakan wawancara, observasi, tes dan refleksi dengan pendekatan kuantitatif hasil belajar dari tindakan siklus I ke tindakan siklus II. Pada tindakan siklus I hasil presentase sebesar 69,7% dengan nilai rata-rata 70, dan pada tindakan siklus II presentase 93,9% dengan nilai rata-rata 70. Dari 33 siswa, 31 siswa tuntas belajar sehingga dapat diketahui bahwa ketuntasan klaksikal pada siklus II sebesar 93,9%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa hasil pembelajaran Bahasa Indonesia secara klaksikal pada siklus II sudah melebihi kriteria ketuntasan yang telah ditentukan yaitu 80%, dan tidak perlu dilanjutkan siklus berikutnya. Berdasarkan permasalahan yang dirumuskan dan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis tegak bersambung siswa kelas II melalui metode menjiplak di Sekolah Dasar Negeri Ambulu 1 Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo semakin membaik dan rapi setelah menggunakan metode menjiplak. Penerapan metode pembelajaran Menjiplak dapat meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia (studi pada siswa kelas II Sekolah DasarNegeri Ambulu 1 Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo tahun ajaran 2017-2018).

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Menulis, Tegak Bersambung, Metode, Menjiplak
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2025 01:24
Last Modified: 26 May 2025 01:24
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5366

Actions (login required)

View Item View Item