KUNCORO, RIO BAYU (2017) PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN ( KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA ) DI KELAS V SDN KALIACAR 1 GADING PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
i. Cover Skripsi RIO BAYU KUNCORO .pdf Download (18kB) | Preview |
|
![]() |
Text
xi. DAFTAR ISI RIO BAYU KUNCORO.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (15kB) |
|
|
Text
iv. ABSTRAK RIO BAYU KUNCORO .pdf Download (7kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I RIO BAYU KUNCORO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (290kB) |
|
![]() |
Text
Bab II RIO BAYU KUNCORO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (403kB) |
|
![]() |
Text
Bab III RIO BAYU KUNCORO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (401kB) |
|
![]() |
Text
Bab IV RIO BAYU KUNCORO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (450kB) |
|
![]() |
Text
Bab V RIO BAYU KUNCORO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (182kB) |
|
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA RIO BAYU KUNCORO .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (188kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Kaliacar 1 Gading Probolinggo yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menggunakan penerapan metode diskusi dengan media gambar. Peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa mulai pada prasiklus 46,11% dengan kriteria cukup aktif, pada siklus I meningkat menjadi 73,33% dengan kriteria aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 91,11% dengan kriteria sangat aktif. Sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 63 dengan kriteria cukup aktif, meningkat pada siklus I sebesar 7 dengan kriteria baik sebesar 70, dan pada siklus II meningkat 14 menjadi 84 dengan kriteria sangat baik. Nilai KKM IPS kelas V di SDN Kaliacar 1 adalah 70, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (Pokok Bahasan Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan) di Kelas V SDN Kaliacar 1 Gading
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Diskusi dengan Media Gambar. Aktivitas dan Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 26 May 2025 01:37 |
Last Modified: | 26 May 2025 01:37 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5367 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |