PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN ( KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA ) DI KELAS V SDN KALIACAR 1 GADING PROBOLINGGO

KUNCORO, RIO BAYU (2017) PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS POKOK BAHASAN ( KERAGAMAN KENAMPAKAN ALAM DAN BUATAN DI INDONESIA ) DI KELAS V SDN KALIACAR 1 GADING PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
i. Cover Skripsi RIO BAYU KUNCORO .pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
xi. DAFTAR ISI RIO BAYU KUNCORO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
iv. ABSTRAK RIO BAYU KUNCORO .pdf

Download (7kB) | Preview
[img] Text
BAB I RIO BAYU KUNCORO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (290kB)
[img] Text
Bab II RIO BAYU KUNCORO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (403kB)
[img] Text
Bab III RIO BAYU KUNCORO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (401kB)
[img] Text
Bab IV RIO BAYU KUNCORO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (450kB)
[img] Text
Bab V RIO BAYU KUNCORO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (182kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RIO BAYU KUNCORO .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (188kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Kaliacar 1 Gading Probolinggo yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dan 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS dengan menggunakan penerapan metode diskusi dengan media gambar. Peningkatan rata-rata aktivitas belajar siswa mulai pada prasiklus 46,11% dengan kriteria cukup aktif, pada siklus I meningkat menjadi 73,33% dengan kriteria aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 91,11% dengan kriteria sangat aktif. Sedangkan peningkatan rata-rata hasil belajar siswa pada prasiklus sebesar 63 dengan kriteria cukup aktif, meningkat pada siklus I sebesar 7 dengan kriteria baik sebesar 70, dan pada siklus II meningkat 14 menjadi 84 dengan kriteria sangat baik. Nilai KKM IPS kelas V di SDN Kaliacar 1 adalah 70, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dengan media gambar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS (Pokok Bahasan Keragaman Kenampakan Alam dan Buatan) di Kelas V SDN Kaliacar 1 Gading

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi dengan Media Gambar. Aktivitas dan Hasil Belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2025 01:37
Last Modified: 26 May 2025 01:37
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5367

Actions (login required)

View Item View Item