PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN PADA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 2 DRINGU KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017

PUTRA, WAHYU KURNIA (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PPKN PADA KELAS VIII A DI SMP NEGERI 2 DRINGU KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016 – 2017. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
HALAMAN SAMPUL WAHYU KURNIA PUTRA .pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI WAHYU KURNIA PUTRA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (275kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK WAHYU KURNIA PUTRA .pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB I WAHYU KURNIA PUTRA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (371kB)
[img] Text
BAB II WAHYU KURNIA PUTRA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (405kB)
[img] Text
BAB III WAHYU KURNIA PUTRA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (402kB)
[img] Text
BAB IV WAHYU KURNIA PUTRA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (658kB)
[img] Text
BAB V WAHYU KURNIA PUTRA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA WAHYU KURNIA PUTRA .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (299kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 2 Dringu melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi kedaulatan rakyat dan system pemerintahan di Indonesia. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan masingmasing siklus terdiri atas 2 kali pertemuan. Data yang diperoleh yaitu berupa data hasil tes akhir (post test) dari setiap siklus, data hasil observasi aspek afektif dan hasil pengisian kuisioner motivasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Untuk motivasi awal, terdapat 52% siswa berada pada kategori sangat tinggi dan 48% siswa berada pada kategori tinggi. Sedangkan pada siklus II terdapat 90% siswa pada kategori sangat tinggi dan 10% siswa pada kategori tinggi. Untuk hasil belajar pada siklus I aspek kognitif diperoleh rata-rata 74 dengan ketuntasan kelas sebesar 44,8%, sedangkan pada siklus II diperoleh ratarata 82 dengan ketuntasan kelas yaitu 93,1%. Untuk hasil belajar aspek afektif, pada siklus I sebesar 79% siswa pada kategori tinggi dan 21% siswa pada kategori sedang, pada siklus II persentasenya kategori tinggi sebesar 100%. Kesimpulan yang diperoleh adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi kedaulatan rakyat dan system pemerintahan di Indonesia meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negri 2 Dringu

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Motivasi belajar, Hasil belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Fakultas dan Lembaga Layanan Universitas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 29 Jul 2025 05:38
Last Modified: 29 Jul 2025 05:38
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5537

Actions (login required)

View Item View Item