PERFORMATIVE COMPETENCE GURU PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ( ABK ) DI SEKOLAH INKLUSI ( Studi Kasus Anak Lamban Belajar DI SDN INKLUSI JATI 5 KOTA PROBOLINGGO )

NAFISAH, MUSAROFAH (2015) PERFORMATIVE COMPETENCE GURU PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ( ABK ) DI SEKOLAH INKLUSI ( Studi Kasus Anak Lamban Belajar DI SDN INKLUSI JATI 5 KOTA PROBOLINGGO ). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1. COVER MUSAROFAH NAFISAH .pdf

Download (18kB) | Preview
[img] Text
2. DAFTAR ISI MUSAROFAH NAFISAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (259kB)
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK MUSAROFAH NAFISAH .pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
4. BAB I MUSAROFAH NAFISAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (278kB)
[img] Text
5. BAB II MUSAROFAH NAFISAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (616kB)
[img] Text
6. BAB III MUSAROFAH NAFISAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (288kB)
[img] Text
7. BAB IV MUSAROFAH NAFISAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (710kB)
[img] Text
8. BAB V MUSAROFAH NAFISAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (249kB)
[img] Text
8. BAB V MUSAROFAH NAFISAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (249kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA MUSAROFAH NAFISAH .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (125kB)

Abstract

Kurangnya sosialisasi di media mengenai sekolah inklusi menyebabkan satu-satunya sekolah inklusi negeri di Probolinggo ini memiliki jumlah murid yang melampaui batas tanpa diimbangi dengan kompetensi tenaga pendidik yang menunjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana performative competence guru dalam menangani anak berkebutuhan khusus siswa penyandang slow leaner di sekolah inklusi SDN Inklusi Jati 5. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis, pendekatan kualitatif, strategi etnografi, sifat penelitian deskriptif dan wawancara mendalam. Dalam mengolah dan memperkaya data, peneliti menggunakan model performative competence. Dari hasil penelitian terungkap bahwa guru yang tidak memiliki latar belakang pendidikan luar biasa kurang dapat memenuhi unsur-unsur yang terdapat dalam performative competence. Hal ini mengindikasikan bahwa untuk dapat memenuhi semua unsure performative competence dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus, guru setidaknya perlu memiliki latar belakang pendidikan luar biasa dan didukung dengan pelatihan nonformal lainnya

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Intrapersonal, Performative Competence, Sekolah Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus, Slow Leaner
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Fakultas dan Lembaga Layanan Universitas > Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 01 Aug 2025 03:56
Last Modified: 01 Aug 2025 04:01
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/5541

Actions (login required)

View Item View Item