IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PPKn DI SMPN 2 GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018

Andiono, (2017) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PPKn DI SMPN 2 GENDING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2017 - 2018. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI ANDIONO.pdf

Download (17kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI ANDIONO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (191kB)
[img] Text
ABSTRAK ANDIONO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (120kB)
[img] Text
BAB I ANDIONO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (232kB)
[img] Text
BAB II ANDIONO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (263kB)
[img] Text
BAB III ANDIONO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (241kB)
[img] Text
BAB IV ANDIONO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (188kB)
[img] Text
BAB V ANDIONO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (89kB)
[img] Text
ARTIKEL ANDIONO.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (201kB)

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan suatu kemampuan yang dimiliki oleh guru dalam menciptakan, mengkondisikan serta mengembalikan suasana kelas dan belajar siswa yang efektif agar tetap menyenangkan dan optima dengan melibatkan langsung semua komponen sekolah untuk meningkatkan minat belajar dan kualitas pembelajaran yang baik. dari latar belakang tersebut, permasalahan yang dihadapi adalah bagaimana pengelolahan kelas yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar serta bagaimana menjadiakan pengelolahan kelas berjalan dengan baik. Oleh karena itu menarik untuk diteliti dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengelolahan kelas yang di terapkan, sudah sesuaikah pengelolahan kelas dalam meningkatkan prestasi belajar yang baik dan berjalan sesuai tujuan dari pembelajaran. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan, adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan diskriptif kualitatif, dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan metode diskriptif komparatif yaitu membuat generalisasi berdasar fakta dan peristiwa selanjutnya hasil dari analisis dibandingkan dengan konsep ilmiah yang menjadi standar pendekatan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini adalah bahwasanya SMPN 2 gending masih tidak sepenuhnya berjalan dengan optimal pengelolahan kelas dalam meningkatkan minat belajar sehingga perlunya tindak lanjut yang lebih serius terhadap guru dan murid dalam peningkatan minat belajar yang baik. sehingga peniliti memberikan saran terhadap kepala sekolah untuk lebih aktif terhadap guru PPKn dalam memberikan masukan dan saran dalam pengelolahan kelas sehingga guru dapat menciptakan, mengkondisikan serta mengembalikan suasana kelas dan belajar siswa yang efektif agar tetap menyenangkan dan optimal.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengelolahan kelas, minat belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eliz Imro'atul Azizah
Date Deposited: 31 Aug 2018 01:50
Last Modified: 31 Aug 2018 01:50
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/69

Actions (login required)

View Item View Item