FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA MALAS BELAJAR DI KELAS IVSDN KALIBUNTU V KECAMATAN KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016-2017

Mirnawati, (2017) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SISWA MALAS BELAJAR DI KELAS IVSDN KALIBUNTU V KECAMATAN KRAKSAAN KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016-2017. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL MIRNAWATI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI MIRNAWATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (162kB)
[img] Text
Abstrak MIRNAWATI.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I MIRNAWATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (157kB)
[img] Text
BAB II MIRNAWATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (202kB)
[img] Text
BAB III MIRNAWATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV MIRNAWATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (150kB)
[img] Text
BAB V MIRNAWATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MIRNAWATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (159kB)
[img] Text
Artikel MIRNAWATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (250kB)

Abstract

Malas belajar berarti tidak mau, tidak suka dan tidak bernafsu untuk belajar. Jika anak-anak tidak suka belajar dan lebih suka bermain, itu berarti belajar dianggap sebagai kegiatan yang tidak menarik buat mereka, dan mungkin tanpa mereka sadari juga dianggap sebagai kegiatan yang tidak ada gunanya karena bagi anak-anak tidak secara langsung dapat menikmati hasil belajar. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu faktor-faktor yang mempengaruhi siswa malas belajar serta upaya apa saja yang dilakukan untuk mengatasi anak malas belajar di kelas IV SDN Kalibuntu V Kecamatan Kraksaan Kabupaten Probolinggo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi siswa malas belajar serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi anak malas belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan keadaan yang di dapatkan dari lapangan melalui hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa faktorfaktor yang mempengaruhi siswa malas belajar yaitu faktor internal yang dari dalam diri siswa seperti faktor jasmani dan psikologi. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar diri siswa, yaitu faktor lingkungan keluarga, terutama orang tua kurang memberikan perhatian, lingkungan sekolah, serta lingkungan masyarakat, seperti kurangnya kenyamanan di lingkungan tempat tinggal. Siswa akan terdorong untuk belajar manakala mereka memiliki motivasi untuk belajar. Menumbuhkan motivasi belajar siswa merupakan salah satu teknik dalam mengembangkan kemampuan dan kemauan belajar. Salah satu cara yang logis untuk momotivasi siswa dalam pembelajaran adalah mengaitkan pengalaman belajar dengan motivasi siswa. Guru sebagai orang yang membelajarkan siswa sangat berkepentingan dengan masalah ini. Sehingga sebagai guru atau calon guru sebisa mungkin kita harus selalu berupaya untuk dapat meningkatkan motivasi belajar terutama bagi siswa yang mengalami kesulitan.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Malas, Belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eliz Imro'atul Azizah
Date Deposited: 31 Aug 2018 04:50
Last Modified: 31 Aug 2018 04:50
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/75

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item