PERANAN KURIKULUM 2013 DALAM KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIIIA PADA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI SCIENTIFIC APROACH DI SMP NEGERI 3 GADING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Supri, (2017) PERANAN KURIKULUM 2013 DALAM KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIIIA PADA MATA PELAJARAN PPKn MELALUI SCIENTIFIC APROACH DI SMP NEGERI 3 GADING KABUPATEN PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL SUPRI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI SUPRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (15kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUPRI.pdf

Download (130kB) | Preview
[img] Text
BAB I SUPRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (213kB)
[img] Text
BAB II SUPRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (338kB)
[img] Text
BAB III SUPRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (175kB)
[img] Text
BAB IV SUPRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (171kB)
[img] Text
BAB V SUPRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SUPRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (86kB)
[img] Text
ARTIKEL SUPRI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (107kB)

Abstract

Kurikulum 2013 dilaksanakan melalui Scientific Approach. Pada pelaksanaannya menekankan pada lima aspek penting, yaitu (1). mengamati, (2). menanya, (3). mencoba, (4). menalar dan, (5). mengkomunikasikan. Dalam penerapannya kurikulum 2013 menekannkan pada aspek sarana mutu dan kemajuan sekolah sehingga tidak semua sekolah dapat bisa menerapkannya. Penelitian kurikulum 2013 ini dilaksanakan di SMPN 03 Gading kabupaten Probolinggo ini menggunakan pada metode yang menggunakan sistem observasi, wawancara, dan dokumentasi hal ini membuat peneliti terlibat dan mengidentifikasi sendiri mengenai peranan kurikulum 2013, masalah yang dihadapi dan solusi yang harus menjadi hasil utama dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa kurikulum sangat berperan aktif melali scientific appoarch hal ini dilihat dari lima penekanan penting dalam kurikulum 2013 yaitu (1). mengamati, (2). menanya, (3). mencoba, (4). menalar dan, (5). Komunikasi , masalah yang timbul berada pada latar belakang siswa yang dari pedesaan sehingga didalam kelas memerlukan pemenuhan lingkungan yang bersahabat untuk melaksanakan pembelajaran yang efektif, kemudian kesiapan guru dalam memberikan pembelajaran di kelas VIIIA, sehingga memerlukan solusi pemantapan lagi metode pembelajaran dan kesiapan guru dalam mengajar demi meningkatkan keaktifan belajar siswa kedepan.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum 2013, Scientific Appoarch, Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2018 09:47
Last Modified: 01 Sep 2018 09:47
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/77

Actions (login required)

View Item View Item