Hidajat, Flavia Aurelia (2018) Discovery Channel: Penelitian dan Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Bangun Datar. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1 (1). pp. 185-191. ISSN 9-786025-355301
|
Text
Turnitin Semnas-PPM-2018.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Peer Review SemNas PPM 2018.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini terfokus pada pengembangan produk lembar kerja siswa (LKS) berbasis penemuan terbimbing pada materi bangun datar kelas III SD dengan kriteri valid dan praktis yang dapat membangun pemahaman siswa. Subjek adalah siswa kelas III SDN Kebonsari Kulon V Probolinggo. Metode penelitian didasarkan pada lima fase dari model Plomp (Hobri, 2010) yang mencakup fase investigasi awal; fase desain; fase realisasi; fase tes validasi, evaluasi, revisi, serta fase implementasi. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi produk, lembar angket respon dari siswa, serta lembar kerja siswa (secara tertulis). Teknik analisis data berupa deskriptif naratif. Analisis data dilakukan dengan uji validasi dari expert judgement dan uji kepratisan dari angket siswa. Hasil analisis data dari uji validasi menunjukkan bahwa produk berada pada kriteria “sangat valid” dengan persentase 89,81%; sedangkan hasil analisis data dari uji kepraktisan menunjukkan bahwa produk berada pada kriteria “sangat praktis” dengan persentase 89%. Hasil penelitian berupa produk LKS berbasis penemuan terbimbing yang valid dan praktis dalam membangun pemahaman konsep matematika pada siswa dengan mencakup beberapa tahapan yaitu, tahap refleksi, tahap eksperimen secara terbuka, tahap eksperimen secara mandiri, tahap penemuan konsep baru, dan tahap kesimpulan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery channel; lembar kerja siswa (LKS); penemuan terbimbing; bangun datar. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Lainnya |
Depositing User: | Flavia Aurelia |
Date Deposited: | 26 Aug 2020 11:36 |
Last Modified: | 26 Aug 2020 11:36 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1248 |
Actions (login required)
View Item |