PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (Studi Pada SD Riyadlus Sholihin Subtema Peredaran Darahku Sehat Pembelajaran 1)

KANDI, DEASI HANIFAH (2019) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V (Studi Pada SD Riyadlus Sholihin Subtema Peredaran Darahku Sehat Pembelajaran 1). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI DEASI HANIFAH.pdf

Download (54kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI DEASI HANIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK DEASI HANIFAH.pdf

Download (145kB) | Preview
[img] Text
BAB I DEASI HANIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (392kB)
[img] Text
BAB II DEASI HANIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (326kB)
[img] Text
BAB III DEASI HANIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (413kB)
[img] Text
BAB IV DEASI HANIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (478kB)
[img] Text
BAB V DEASI HANIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DEASI HANIFAH.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (264kB)

Abstract

Data yang didapat dari SD Riyadlus Sholihin menunjukkan bahwa siswa kelas V mengalami kesulitan dalam mengingat materi pembelajaran. Terutama pada pembelajaran tematik yang mengacu pada IPA yakni peredaran darah manusia. Siswa dapat dikatakan mengalami kesulitan yakni karena rumitnya penjelasan materi pada buku bantu siswa yakni LKS. Oleh karena itu, perlu adanya media yang penunjang yang dapat memudahkan siswa dalam memahami materi peredaran darah pada manusia yakni Buku Saku berbasis Mind Mapping. Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan pada dua permasalahan sebagai berikut: (1) Media yang cocok digunakan sebagai penunjang siswa dalam memahami materi peredaran darah pada manusia, (2) Bagaimana caranya agar dengan adanya media tersebut, siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya. Peneliti meggunakan model penelitian dan pengembangan yang berdasar dari pendapat Sugiyono. Yang dimana model penelitian pengembangan ini bersifat mengkaji kebutuhan dan mengukur tingkat keberhasilan produk yang dihasilkan. Pada hasil penelitian yang telah dilakukan, media buku saku berbasis mind mapping tersebut memperoleh tingkat kevalidan sebesar 84,7 %, tingkat keefektifan sebesar 25,3 yang dimana media ini efektif untuk di uji cobakan kepada siswa kelas V dan tingkat keterterapan yang didapat dari uji kompetensi siswa rata-rata mendapatkan nilai diatas 70 yakni lebih dari KKM. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan tersebut, peneliti memberikan saran untuk menggunakan media buku saku berbasis mind mapping untuk mningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Riyadlus Sholihin.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Buku Saku, Mind Mapping
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 10 Nov 2020 03:36
Last Modified: 10 Nov 2020 03:36
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item View Item