SRIMAULIDIAH, HUSNUL (2019) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MEDIA HAND PUPPET UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BAHASA INDONESIA PADA KELAS III SD NAMIRA KRAKSAAN. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI HUSNUL SRIMAULIDIAH.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI HUSNUL SRIMAULIDIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (297kB) |
||
|
Text
ABSTRAK HUSNUL SRIMAULIDIAH.pdf Download (6kB) | Preview |
|
Text
BAB I HUSNUL SRIMAULIDIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (141kB) |
||
Text
BAB II HUSNUL SRIMAULIDIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (127kB) |
||
Text
BAB III HUSNUL SRIMAULIDIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (248kB) |
||
Text
BAB IV HUSNUL SRIMAULIDIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (416kB) |
||
Text
BAB V HUSNUL SRIMAULIDIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (83kB) |
||
Text
BAB VI HUSNUL SRIMAULIDIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (7kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA HUSNUL SRIMAULIDIAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (8kB) |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas III B SD Namira Kecamatan Kraksaan yang terdiri dari 15 siswa dengan rincian siswa laki-laki berjumlah 5 dan siswi perempuan berjumlah 10. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus adapun tahapan dalam melakukan penelitian ini meliputi tahap perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti memfokuskan padada tiga permasalahan: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) menggunakan media hand puppet dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas III SD Namira? (2) Apakah pembelajaran model kooperatif tipe numbered head together (NHT) menggunakan media hand puppet dapat meningkatkan motivasi siswa kelas III SD Namira? (3) Apakah pembelajaran model kooperatif tipe numbered head together (NHT) menggunakan media hand puppet dapat meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Namira?. Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian tindakan kelas pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitati, pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh meliputi: penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Numered Head Together pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas III SD Namira pada siklus I pertemuan 1& 2 memperoleh nilai rata-rata 70% kategori (baik), pada siklus II pertemuan 1 & 2 memperoleh nilai rata-rata 83% (sangat baik). Sedangkan persentase yang didapatkan dari angket respon siswa pada siklus I yaitu 66% kategori (Kurang), sedangkan pada siklus II memperoleh persentase rata-rata 76% dalam kategori (baik) Dengan demikian penulis menyarankan agar setiap guru untuk mencoba berbagai jenis model model pembelajaran yang bervariasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Motivasi. Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 11 Nov 2020 06:17 |
Last Modified: | 11 Nov 2020 06:17 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1485 |
Actions (login required)
View Item |