PENERAPAN METODE MATH TRICK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (KELAS III PADA MATERI PERKALIAN DI SDN POHSANGIT KIDUL 1)

MUNIR, MISBAHUL (2019) PENERAPAN METODE MATH TRICK UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA (KELAS III PADA MATERI PERKALIAN DI SDN POHSANGIT KIDUL 1). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI MISBAHUL MUNIR.pdf

Download (28kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI MISBAHUL MUNIR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (392kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK MISBAHUL MUNIR.pdf

Download (9kB) | Preview
[img] Text
BAB I MISBAHUL MUNIR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (308kB)
[img] Text
BAB II MISBAHUL MUNIR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (436kB)
[img] Text
BAB III MISBAHUL MUNIR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (546kB)
[img] Text
BAB IV MISBAHUL MUNIR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (453kB)
[img] Text
BAB V MISBAHUL MUNIR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (29kB)
[img] Text
BAB VI MISBAHUL MUNIR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (7kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MISBAHUL MUNIR.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (84kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dengan menggunakan Metode Math Trick. Penelitian ini dilaksanakan di kelas Tiga SDN Pohsangit Kidul I yang terdiri dari 14 siswa dengan rincian 7 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus sedangkan tahapan dalam melakukan Penelitian ini meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pelajaran matematika diajar oleh guru yang bukan berasal dari jurusan matematika, guru belum bisa memberikan teknik atau trik cepat dalam penyelesaian soal matematika, guru yang sepuh juga berpengaruh dalam pembelajaran, Math trick merupakan cara hitung termudah untuk menyelesaikan soal perkalian puluhan, bahkan sampai ratusan dan ribuan maupun perkalian dengan bilangan acak. Metode ini telah terbukti lebih mudah dan cepat untuk menyelesaikan semua perhitungan aritmatika Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif siswa setelah diterapkan metode math trick dapat meningkat dilihat dari hasil siswa yaitu ada 11 siswa (79%) yang telah mendapat nilai tidak tuntas dan 3 siswa. (21%) mendapatkan nilai tuntas. Pada siklus 1, terjadi peningkatan, ada 7 siswa (50%) mendapat nilai tidak tuntas dan 7 siswa (50%) mendapat nilai tuntas. Pada siklus kedua juga mengalami peningkatan prestasi belajar, yaitu ada 2 siswa (14%) yang masih belum mendapatkan nilai tuntas dan 12 siswa (86%) lainnya mendapat nilai tuntas Penerapan metode math trick pada pembelajaran Matematika di SDN,Pohsangit,Kidul,1 dapat meningkatkan,,hasil,,belajar,,siswa,,dari ranah kognitif, afektif maupun psikomotor. Dengan metode math trick terjadi lebih banyak yang tuntas dan juga terjadi peningkatan hasil evaluasi kognitif pada siklus 1. Dengan lebih intensifnya pelaksanaan pembelajaran metode math trick maka dilaksanakan kegiatan siklus 2 sehingga dapat menghasilkan KKM lebih tuntas sekaligus terjadi peningkatan hasil evaluasi kognitif ,afektif,,dan psikomotor siswa. Sebaiknya guru menambahkan alat peraga pada metode math trick, dengan adanya alat peraga siswa dapat meningkatkan kreatifitas untuk menjawab soal-soal yang,,diberikan,,oleh,,guru, untuk perkembangan belajar sehingga hasil belajar siswa dapat maksimal. siswa dapat meningkatkan minat dan perhatian siswa untuk belajar. Guru seharusnya banyak melakukan inovasi dalam melaksanakan pembelajaran sehingga siswa bisa lebih aktif dan lebih efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode math trick. Matematika. Prestasi Belajar
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 13 Nov 2020 04:15
Last Modified: 13 Nov 2020 04:15
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item View Item