ULHAK, MOH SIAK (2019) MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MATERI PENGUKURAN JARAK DENGAN MEDIA TABUSA (TABEL UBAH SATUAN )METER PADA SISWA KELAS V SDI FATAHILLAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga Probolinggo.
|
Text
COVER SKRIPSI SIAK ULHAK.pdf Download (74kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI SIAK ULHAK.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (247kB) |
||
|
Text
ABSTRAK SIAK ULHAK .pdf Download (147kB) | Preview |
|
Text
BAB I SIAK ULHAK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (133kB) |
||
Text
BAB II SIAK ULHAK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (290kB) |
||
Text
BAB III SIAK ULHAK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (427kB) |
||
Text
BAB IV SIAK ULHAK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (917kB) |
||
Text
BAB V SIAK ULHAK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (522kB) |
||
Text
BAB VI SIAK ULHAK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (10kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA SIAK ULHAK .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (254kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti sebagai guru kelas V SDI Fatahillah Kec. Gending Kab. Probolinggo. Dari pengalaman penelti tersebut diperoleh berbagai permasalahan, yaitu: (1) penyampaian materi yang dilakukan oleh guru terlalu monoton dan hanya terpusat pada guru, (2) metode yang digunakan oleh guru pun hanya ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas saja, (3) siswa mengalami kesulitan dalam memahami dan mengingat materi pembelajaran Matematika, dilihat dari rata-rata hasil belajar yang diperoleh secara klasikal sebesar 53,1. Untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran Matematika diterapkan running dictation yang merupakan metode permainan dimana siswa membentuk kelompok yang terdiri 4 kelompok. Dari salah satu perkelompok mencari soal yang sudah ditempel oleh guru setelah itu siswa menghafal soal tersebut dan mendiktekan pada teman kelompoknya dengan harapan siswa dapat tertarik, senang, aktif dan tidak bosan dalam mengikuti pelaksanaan pembelajaran Matematika.Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran Matematika dan (2) Meningkatkan aktifitas belajar Matematika dengan penerapan running dictation di kelas V SD Islam Fatahillah Sumberkerang Kec. Gending Kab. Probolinggo. Untuk itu rancangan penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Waktu penelitian tepatnya pada bulan Juni-Juli 2019. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Islam Fatahillah Sumberkerang sebanyak 13 siswa, terdiri dari 8 laki-laki dan 3 perempuan. Data penelitian diperoleh dari observasi, wawancara dan hasil tes.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan RD mampu meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada pratindakan sebesar 558,1, pada siklus I meningkat menjadi 60,6 dan pada siklus II meningkat menjadi 82,7 Hal ini menunjukkan bahwa penerapan RD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya siswa kelas V SD Islam Fatahillah Sumberkerang Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo. Untuk itu disarankan bagi guru untuk memperhatikan gaya belajar siswanya pada saat hendak melaksanakan pembelajaran. Bagi sekolah disarankan dapat menciptakan suasana yang kondusif dengan menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran. Bagi peneliti lanjut disarankan untuk dapat menerapkan RD pada mata pelajaran lainnya yang disesuaikan dengan isi materi agar memperoleh kebenaran secara empirik-eksperimental.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tabusa (tabel ubah satuan) meter, hasil belajar, aktivitas belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 13 Nov 2020 04:54 |
Last Modified: | 13 Nov 2020 04:54 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/1507 |
Actions (login required)
View Item |