HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA 4 SUBTEMA 1 DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR DAN SONLAH PADA SISWA KELAS IV DI SDN GADING KULON II KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO

MAHRUS, (2021) HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA 4 SUBTEMA 1 DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR DAN SONLAH PADA SISWA KELAS IV DI SDN GADING KULON II KECAMATAN BANYUANYAR KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI MAHRUS.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI MAHRUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (35kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK MAHRUS.pdf

Download (188kB) | Preview
[img] Text
BAB I MAHRUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (300kB)
[img] Text
BAB II MAHRUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (380kB)
[img] Text
BAB III MAHRUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (785kB)
[img] Text
BAB IV MAHRUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (531kB)
[img] Text
BAB V MAHRUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (160kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MAHRUS.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (158kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini merupakan rendahnya hasil belajar siswa spesialnya pada Tema 4 (Bermacam Pekerjaan) Subtema 1. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui penerapan strategi permainan tradisional dalam rangka meningkatkan hasil belajar Tema 4 Subtema 1 pada siswa kelas IV SD Negeri Gading Kulon II. 2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dengan penerapan strategi permainan tradisional.Tema 4 Subtema 1 pada siswa kelas IV SD Negeri Gading Kulon II. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK), dilaksanakan selama dua siklus, metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan pengamatan dan tes Prosedur pelaksanaan perbaikan pembelajaran ini dilaksanakan dua siklus dengan tahapan persiklusnya adalah, Planning (perencanaan), Acting (pelaksanaan), Observing (pengamatan), Reflecting (refleksi). Subjek penelitian ini merupakan siswa kelas IV SDN Gading Kulon II. Riset ini ialah Riset Aksi Kelas yang berlangsung sepanjang 2 siklus yang terdiri dari sesi perencanaan, aksi, observasi serta refleksi. Bersumber pada hasil riset yang diperoleh dalam riset ini hingga bisa disimpulkan kalau hasil belajar Tema 4( Bermacam Pekerjaan) Subtema 1 (Jenis- Jenis Pekerjaan) siswa kelas IV SDN Plaosan 1dapat bertambah dengan memakai strategi game tradisional. Kenaikan hasil belajar bisa dilihat dari keadaan dini nilai rata- rata sebesar 64, 66 dengan presentase jumlah siswa yang tuntas 40%. Pada siklus I terjalin kenaikan nilai rata- rata sebesar 76 dengan presentase jumlah siswa yang tuntas merupakan 64%, dengan sasaran sebesar 75. Setelah itu pada siklus kedua terjalin kenaikan nilai rata- rata sebesar 88 dengan jumlah presentase siswa yang tuntas merupakan 88%, dengan sasaran sebesar 80.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Strategi Permainan Tradisional, Pembelajaran Tematik
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 25 Feb 2023 04:39
Last Modified: 25 Feb 2023 04:39
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3436

Actions (login required)

View Item View Item