IRAWATININGSIH, SUNGKIA (2021) OPTIMALISASI INOVASI PELAYANAN PUBLIK MAJENGAN BERLARI PADA ERA NEW NORMAL DI KECAMATAN MAYANGAN TAHUN 2020. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI SUNGKIA IRAWATININGSIH.pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI SUNGKIA IRAWATININGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (11kB) |
||
|
Text
RINGKASAN SUNGKIA IRAWATININGSIH.pdf Download (74kB) | Preview |
|
Text
BAB I SUNGKIA IRAWATININGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (124kB) |
||
Text
BAB II SUNGKIA IRAWATININGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (350kB) |
||
Text
BAB III SUNGKIA IRAWATININGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (144kB) |
||
Text
BAB IV SUNGKIA IRAWATININGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (733kB) |
||
Text
BAB V SUNGKIA IRAWATININGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (87kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA SUNGKIA IRAWATININGSIH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (164kB) |
Abstract
Pada tahun 2020, Indonesia di landa bencana non alam yaitu pandemi Covid-19. Pandemi ini membuat semua kegiatan masyarakat di Indonesia terhambat bahkan terhenti begitu saja. Lalu di pertangahan tahun, masa New Normal di Indonesia pun berlakukan pada segala aspek, contohnya pada sistem pelayanan publik. Salah satu inovasi yang terdapat di Kota Probolinggo adalah Majengan Berlari. Majengan Berlari merupakan pelayanan yang terdapat di Kecamatan Mayangan. Camat Mayangan melakukan sebuah inovasi pelayanan berupa pelayanan tambahan pada malam hari setiap hari senin. Majengan Berlari atau Biaya Gratis Layanan Malam Hari di resmikan pada tahun 2017 yang sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya masyaraka Mayangan dan mempermudah masyarakat yang sibuk dengan pekerjaan dan rutinitas siang hari. Adapun bazar pelayanan publik yang sudah di selenggarakan beberapa kali di Kecamatan Mayangan. Namun pada masa New Normal ini, pelayanan dan kegiatan bazar tersebut harus mengikuti peraturan yang ada. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana optimalisasi inovasi pelayanan publik Majengan Berlari pada era New Normal di Kecamatan Mayangan Tahun 2020. Dengan menganalisis optimalisasi dengan tiga indikator optimalisasi menurut Ali, yaitu efektif dan efesiennya sebuah pelayanan, kebutuhan masyarakat yang terpenuhi dan sarana prasarana dari pelayanan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif teknik analisis data menurut model Miles dan Huberman yang mengemukakan tiga langkah dalam analisis data, yaitu Data Reduction (Reduksi Data), Data Display (Penyajian Data) dan Conclusion Drawing (Pengambilan Kesimpulan). Hasil penelitian dapat disimpulkan jika pelayanan di Kecamatan Mayangan sudah berjalan optimal dan dapat di lihat dengan indikator yang peneliti gunakan. Meskipun pelayanan Majengan Berlari harus di hentikan sementara guna mematuhi peraturan pemerintah Kota Probolinggo yang membatasi kegiatan masyarakat selama masa pandemi terkhusus pada malam hari dan tertuang pada surat edaran Wali Kota Probolinggo nomor 066/5647/425.106/2020. Pelayanan ini pun di gantikan dengan pelayanan SIAKEL, yang merupakan pelayanan yang di gunakan Kecamatan Mayangan guna mengoptimalkan pelayanan selama masa New Normal ini.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi, Pelayanan Publik, New Normal, Majengan Berlari |
Subjects: | Fakultas Sosial dan Ilmu Politik |
Divisions: | Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 03:55 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 03:55 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/3746 |
Actions (login required)
View Item |