FITRIA, NURUL JANNAH LAILATUL (2023) INDEKS KUALITAS KEBIJAKAN DALAM LAYANAN NOMOR TUNGGAL PANGGILAN DARURAT 112 KOTA PROBOLINGGO (PERATURAN WALIKOTA PROBOLINGGO NOMOR 175 TAHUN 2019). Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI NURUL JANNAH.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI NURUL JANNAH.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK NURUL JANNAH.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I NURUL JANNAH.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II NURUL JANNAH.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III NURUL JANNAH.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV NURUL JANNAH.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V NURUL JANNAH.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA NURUL JANNAH.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Download (131kB) | Preview |
Abstract
Kebijakan pemerintah memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam suatu negara. Kebijakan dirumuskan untuk kepentingan publik. Kebijakan yang berkualitas dapat mempengaruhi output yang baik serta reaksi yang baik dari masyarakat. Khususnya kebijakan yang berhubungan langsung pada masyarakat, seperti kebijakan untuk pelayanan publik. Kebijakan pelayanan berkualitas berdampak pada implementasi kebijakan yang baik dan mendapat penilaian baik dari masyarakat. Sehingga dibutuhkan penilaian dikhususkan untuk mengukur kualitas kebijakan. Di Kota Probolinggo, kebijakan yang berkaitan dengan pelayanan publik yang perlu diukur kualitasnya adalah implementasi pelayanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112 Kota Probolinggo. Sebelum adanya NTPD 112, panggilan bantuan kedaruratan diarahkan untuk menghubungi instansi yang berkepentingan. Banyak terjadi problematika seperti diantaranya ketidaktahuan masyarakat dalam nomor setiap instansi, panggilan yang tidak gratis (ada biaya panggilan), ketidaktahuan masyarakat untuk menghubungi pihak-pihak yang menangani kegawatdaruratan, kesalahan penanganan, dan lainnya. Pemkot Probolinggo menerapkan pelayanan NTPD 112 untuk kepentingan publik khususnya dalam kondisi urgen dan mendesak pada Tahun 2018 dan ada pembaharuan regulasi pada Tahun 2019. Riset ini memiliki tujuan guna mengetahui Indeks Kualitas Kebijakan terhadap penerapan pelayanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112 di Kota Probolinggo. Riset ini menerapkan metode deskriptif kuantitatif, relevan dengan rumusan masalah yang memiliki sifat dalam jenis deskriptif. Penelitian kuantitatif vi yang tergolong deskriptif dan mengarah pada penerapan analisis dengan pendekatan induktif. Teknik sampling yang diterapkan pada riset ini merupakan teknik non-probability sampling dengan kriteria responden yang pernah melakukan panggilan dan menerima bantuan kedaruratan melalui NTPD 112 Kota Probolinggo. Sampel riset ditujukan bagi 100 responden relevan dengan jumlah minimum responden dalam Indeks Kualitas Kebijakan yang ditentukan sesuai dengan data pada pusat layanan NTPD 112 Kota Probolinggo. Berdasarkan perhitungan Indeks Kualitas Kebijakan, maka kualitas pelayanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112 di Kota Probolinggo menunjukkan hasil penghitungan IKK sejumlah 84,73. Kinerja bidang pelayanan Nomor Tunggal Panggilan Darurat 112 di Kota Probolinggo tergolong pada mutu layanan pada nilai “B” dengan kategori “Baik”.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Indeks; Kualitas Kebijakan; 112; Pelayanan Publik |
Subjects: | Fakultas Sosial dan Ilmu Politik |
Divisions: | Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 29 Feb 2024 01:37 |
Last Modified: | 29 Feb 2024 01:37 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4349 |
Actions (login required)
View Item |