Turnitin (Pengaruh Self-Efficacy dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa)

Hermin Arista, Hermin Arista (2024) Turnitin (Pengaruh Self-Efficacy dan Dukungan Sosial Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa). Jurnal Penkomi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Bima.

[img]
Preview
Text
Hasil Turnitin Artikel Penelitian 20231-Pengaruh Self Efficacy dan Dukungan Sosial terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.stkipbima.ac.id/index.php/PK/articl...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruhself-efficacydan dukungan sosial mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post factodengan desain kuantitatif dan bersifat kausal. Sampel sebanyak 28 siswa digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini mencakup variabel independen dan dependen. Self-efficacy(X1) dan dukungan sosial (X2) adalah variabel independen, sedangkan hasil belajar (Y) adalah variabel dependen. AplikasiIBM SPSS Statistics 23 digunakan untuk analisis data, yang menggunakan analisis data regresi linier berganda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) self-efficacymemiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Elektro Universitas Panca Marga Probolinggo, (2) dukungan sosial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Elektro Universitas Panca Marga Probolinggo, dan (3) self-efficacydan dukungan sosial secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mahasiswa Teknik Elektro Universitas Panca Marga Probolinggo. Besarnya pengaruh self-efficacydan dukungan sosial mahasiswa sebesar 61,6%, dengan variabel lain yang mempengaruhi sebesar 38,4%. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa sangat dipengaruhi oleh self-efficacydan dukungan sosial.

Item Type: Other
Subjects: Fakultas Teknik
Depositing User: Hermin
Date Deposited: 19 Mar 2024 00:34
Last Modified: 19 Mar 2024 00:34
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item View Item