Kurnia Iswardani, Kurnia Iswardani and Dyah Ariyanti, Dyah Ariyanti and Silvia Rafidah, Silvia Rafidah (2020) Turnitin (Klasifikasi Penanganan Keluhan Masyarakat Kota Probolinggo Menggunakan Algoritma Naive Bayes ). J-SAKTI, STIKOM Tunas Bangsa, Pematangsiantar.
|
Text
Turnitin Klasifikasi Penanganan Keluhan Masyarakat Kota Probolinggo Menggunakan Algortima Naïve Bayes.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penanganan keluhan/ pengaduan masyarakat Kota Probolinggo yang terkenal dengan “Laporo Rek” masih memerlukan waktu yang lama untuk memberikan laporan tentang keluhan masyarakat kepada dinas terkait dikarenakan admin pada dinas terkait terkadang tidak paham harus kemana keluhan masyarakat tersebut diberikan. Dengan adanya penelitian tentang teks mining untuk klasifikasi keluhan masyarakat dengan algoritma naïve bayes dapat membantu admin dalam memecahkan persoalan diatas, sehingga waktu untuk menjawab keluhan masyarakat tersebut menjadi lebih efektif dan efisien. Pengolahan data keluhan masyarakat ini melalui beberapa tahapan teks mining yaitu token, filter, stemming dan analyzing. Setelah melalui tahapan praproses, data tersebut akan dilakukan klasifikasi menggunakan algoritma Naïve Bayes, hasil perhitungan tersebut yang nantinya akan menunjukkan hasil kelas dari setiap data keluhan masyarakat yang masuk baik melalui telepon, sms. Penelitian ini menghasikan tingkat akurasi mencapai 95%, sehingga dapat mengklasifikasikan keluhan masyarakat tiap-tiap instansi di pemerintah Kota Probolinggo.
Item Type: | Other |
---|---|
Subjects: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Kurnia Iswardani |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 04:27 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 04:27 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4611 |
Actions (login required)
View Item |