SARI, ENDAH NOVITA (2024) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 MATERI MAJAS PERSONIFIKASI KELAS IV SDN WIROBORANG 4 KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI ENDAH NOVITA SARI.pdf Download (54kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI ENDAH NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (99kB) |
||
|
Text
ABSTRAK ENDAH NOVITA SARI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
Text
BAB I ENDAH NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (231kB) |
||
Text
BAB II ENDAH NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (323kB) |
||
Text
BAB III ENDAH NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (437kB) |
||
Text
BAB IV ENDAH NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (1MB) |
||
Text
BAB V ENDAH NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (106kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA ENDAH NOVITA SARI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (344kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (169kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik dalam pembelajaran, materi majas personifikasi belum diajarkan secara maksimal, peserta didik merasa kesulitan pada saat menentukan kalimat yang mengandung majas personifikasi. Terbatasnya multimedia interaktif materi majas khusus untuk siswa kelas IV SD serta media pembelajaran yang belum variasi. Mengarahkan peneliti untuk mengembangangkan multimedia interaktif berbasis articulate storyline 3. Penggunaan multimedia interaktif dalam proses pembelajaran telah membuktikan kemampuannya untuk meningkatkan pemahaman, keterlibatan, motivasi dan minat siswa dalam belajar. Articulate storyline 3 merupakan salah media pembelajaran yang ditawarkan peneliti dalam mengembangkan inovasi media pembelajaran yang menarik. Tujuan pengembangan ini untuk menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline 3 materi majas personifikasi siswa kelas IV yang teruji kelayakan, kepraktisan, efektivitas berdasarkan penilaian dari ahli media,materi,praktisi pembelajaran, respon peserta didik serta hasil belajar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan deskriptif prosedural , menggunakan langkah-langkah milik Borg & Gall dengan modifikasi, diantaranya yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) pengembangan desain pembelajaran, 3) pengembangan produk, 4) validasi dan uji coba terbatas, 5) revisi produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputi: lembar validasi ahli media, materi, praktisi pembelajaran, angket respon siswa serta hasil pretest&postest. Hasil validasi ahli media sebesar 90%, ahli materi sebesar 97,7%, praktisi pembelajaran sebesar 96%, respon peserta didik sebesar 94,6%, persentase hasil belajar sebesar 80,7%. menunjukkan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan valid dan layak akan tetapi dengan revisi. Berdasarkan hasil penelitian, Pengembangan multimedia interaktif berbasis articulate storyline 3 materi majas personifikasi Kelas IV telah valid karena persentase melebihi 81%, praktis, efektif dalam meningkakan hasil belajar. Oleh karena itu media dikatakan sangat layak dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Multimedia Interaktif, Articulate Storyline 3. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 01:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 01:21 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4866 |
Actions (login required)
View Item |