ZAHRA, FATHIMATUS (2024) Penerapan Metode Pembelajaran Take And Give Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Foamcahan Berbasis Projek Pada Mata Pelajaan Matematika Materi Pecahan Senilai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Mangunharjo 1 Kota Probolinggo. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI FATHIMATUS ZAHRA.pdf Download (201kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI FATHIMATUS ZAHRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (303kB) |
||
|
Text
ABSTRAK FATHIMATUS ZAHRA.pdf Download (508kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 FATHIMATUS ZAHRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (405kB) |
||
Text
BAB 2 FATHIMATUS ZAHRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (349kB) |
||
Text
BAB 3 FATHIMATUS ZAHRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (507kB) |
||
Text
BAB 4 FATHIMATUS ZAHRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (610kB) |
||
Text
BAB 5 FATHIMATUS ZAHRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (10kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA FATHIMATUS ZAHRA.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (444kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (350kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas IV SD Negeri Mangunharjo 1 yang masih menganggap materi pecahan senilai itu sulit karena pembelajran yang kurang memanfaatkan media dan metode yang efektif sehingga kurangnya pemahaman konsep dan terhambatlah proses pembelajaran. Selain itu nilai yang didapatkan masih kurang atau berada di bawah rata-rata, yaitu 11,1% dari 100% . Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengetahui penerapan metode take and give dengan media foamcahan berbasis projek agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD negeri Mangunharjo 1 Kota Probolinggo, serta untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mangunharjo 1 Kota Probolinggo dengan menggunakan metode take and give dan media foamcahan berbasis projek pada mata pelajaran matematika materi pecahan senilai. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindak Kelas (PTK) dengan keberhasilan belajar mengacu pada nilai rata-rata atau (KKM) yang telah di tetepkan oleh SD Negeri Mangunharjo 1 yaitu 75. Dimana untuk memperoleh data penelitian maka digunakanlah 2 tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II. Pada penelitian siklus I ada 4 alur pembelajaran: 1) Perencaaan. 2) Pelakanaan. 3) Pengamatan. 4) Refleksi. Karna pada siklus I belum mencapai nilai di atas rata-rata, maka peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan melakukan tahap siklus II. Dimana siklus II ada 4 alur pembelajaran: 1) Perencaaan. 2) Pelakanaan. 3) Pengamatan. 4) Refleksi Berdasarkan hasil temuan, maka peneliti memperoleh data, dimana pada pra silus ketercapaian kelas yaitu 11,1%, sedangkan pada siklus I mencapai 44,4% dan pada siklus II ketercapaian kelas mencapai 88,8%. Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa, penerapan metode take and give dengan media foamcahan berbasis projek dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Mangunharjo 1 Kota Probolinggo. Dan demikian peneliti menyarankan menggunkan metode yang efektif serta media yang mendukung proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Take and Give, Foamcahan, Pecahan Senilai, Hasil Belajar |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 01:54 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 01:54 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4868 |
Actions (login required)
View Item |