ROMADANI, ISA (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERORIENTASI LIFE SKILL SISWA KELAS II SD NEGERI NGADISARI 1 KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI ISA ROMADANI.pdf Download (115kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI ISA ROMADANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (250kB) |
||
|
Text
ABSTRAK ISA ROMADANI.pdf Download (170kB) | Preview |
|
Text
BAB I ISA ROMADANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (281kB) |
||
Text
BAB II ISA ROMADANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (357kB) |
||
Text
BAB III ISA ROMADANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (363kB) |
||
Text
BAB IV ISA ROMADANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (372kB) |
||
Text
BAB V ISA ROMADANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (95kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA ISA ROMADANI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (182kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (183kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas II SDN Ngadisari 1, dapat dianalisis dari kegiatan belajar mengajar yang dilakukan kurangnya inovasi kreatifitas guru dalam menerapkan model pembelajaran sehingga siswa merasa jenuh dan tidak menentukan keefisienan yang tepat dalam life skill yang dimiliki oleh peserta didik. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan, tujuan penelitian ini yaitu pegembangan model pembelajaran Snowball Throwing berorientasi Life Skill siswa kelas II SD Negeri Ngadisari 1. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan tahapan pertama adalah penelitian dan pengumpulan informasi awal pada tahap ini pun peneliti diharapkan sudah mampu mengkomodir masalah serta kebutuhan produk-produk dalam proses pembelajaran apa saja yang diperlukan untuk dikembangkan di lapangan, kemudian melakukan perencanaan pada tahap ini penelitian merumuskan keterampilan dan keahlian mengenai masalah penelitian, merumuskan tujuan setiap tahap, dan merancang langkah-langkah penelitian dan kebutuhan studi kelayakan. Selain itu pula di tahap ini diharapkan peneliti sudah mampu memperkirakan anggaran atau dana yang dibutuhkan selama penelitian berlangsung serta dapat menentukan siapa saja pihak yang dapat mempunyai kompetensi untuk menilai produk yang akan dihasilkan nanti. Pengembangan format produk awal pada tahap ini dilakukan oleh peneliti yaitu menentukan desain produk yang akan dikembangkan, menentukan sarana dan prasarana penelitian tahap-tahapan pelaksanaan uji desain di lapangan, dan menentukan deskripsi tugas pihak-pihak yang terlibat dalam penelitian. Kemudian melakukan revisi apabila saat melakukan validasi terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki berdasarkan masukan dan saran dari validator dan terahir melakukan uji coba lapangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Snowball Throwing berorientasi Life Skill sangat baik, yang dapat dilihat dari hasil validasi dari para ahli validator dan pengisian angket dan respon dari siswa. Berdasarkan hasil validasi ahli media mendapatkan 93% dan dapat dinyatakan sangat baik dengan beberapa saran. Kemudian validasi ahli materi dapat dipersentasekan 96% dan dapat dinyatakan sangat baik. Sedangkan hasil dari uji coba guru mendapatkan 93% dan hasil uji coba kepada peserta didik mendapatkan respon 97% . Berdasarkan hasil diatas, model pembelajaran Snowball Throwing berorientasi Life skill sangat layak diterapkan dan menarik perhatian siswa dalam mengikuti pembelajaran di SD Negeri Ngasisari 1.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Snowball Throwing Berorientasi Life Skill, Siswa Sekolah Dasar. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 03:03 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 03:03 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4870 |
Actions (login required)
View Item |