PENERAPAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA KELAS 3 PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI MI NUR AZIZ KOTA PROBOLINGGO

CAHYATI, REGITA DWI (2024) PENERAPAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK SISWA KELAS 3 PADA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA DI MI NUR AZIZ KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI REGITA DWI CAHYATI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI REGITA DWI CAHYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK REGITA DWI CAHYATI.pdf

Download (186kB) | Preview
[img] Text
BAB I REGITA DWI CAHYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (324kB)
[img] Text
BAB II REGITA DWI CAHYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (265kB)
[img] Text
BAB III REGITA DWI CAHYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (477kB)
[img] Text
BAB IV REGITA DWI CAHYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (502kB)
[img] Text
BAB V REGITA DWI CAHYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA REGITA DWI CAHYATI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (284kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (207kB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan Penerapan Model PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Praktik Siswa Kelas III Pada Materi Perubahan Wujud Benda Di MI Nur Aziz Kota Probolinggo. Pembelajaran pada anak sekolah dasar adalah tahapan pembelajaran yang bersifat operasional konkret, dimana proses belajar peserta didik seharusnya berinteraksi dengan benda atau peristiwa nyata Khususnya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SD kelas III yang bersangkutan dengan benda nyata, suatu pembelajaran harus menekankan pada pembelajaran langsung guna mengembangkan kompetensi yang dimiliki Selain itu model pembelajaran yang diberikan harus dapat disenangi siswa supaya proses belajar dapat efektif. Maka penggunaan metode pembelajaran dengan model project based learning (PJBL) sangat tepat dilakukan karena bertujuan untuk penerapan meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Perubahan Wujud Benda. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang menggunakan eksperimen. Pada eksperimen ini terdapat pretest sebelum diberi praktik dan posttest sesudah melakukan praktik. Dengan demikian hasil praktik dapat diketahui lebih akurat, karena dapat membandingkan dengan keadaan sebelum melakukan praktik. Hasil penelitian yang penulis lakukan dengan uji normalitas pretest(sebelum melakukan praktik) dan posttest(setelah melakukan praktik) yaitu prestest jumlah total hasil belajar sebesar 1.290 dan posttest jumlah total hasil belajar sebesar 1.385 dan mengalami peningkatan sebesar 95. pada uji homogenitas(hasil belajar dalam Aktivitas Siswa Selama Kegiatan Pembelajaran) sebesar 91,30%dari < 65,21%. hal tersebut bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar Bahasa Indonesia materi poerubahan wujud benda pada data Pretest dan Posttest. Dengan demikian bahwa model pembelajaran project based learning berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi Perubahan wujud benda. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa uji hipotesis yang dilakukan menggunakan hasil belajar dalam Aktivitas Siswa Selama Kegiatan Pembelajaran sebesar 91,30%. Berdasarkan hal tersebut, model pembelajaran project based learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa di MI Nur Aziz khususnya pada hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi perubahan wujud benda.

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, Bahasa Indonesia Materi perubahan wujud benda, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2024 02:00
Last Modified: 03 Sep 2024 02:00
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4874

Actions (login required)

View Item View Item