FATIMAH, SITI (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ROTALI (RODA PUTAR PERKALIAN) BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATERI PERKALIAN KELAS IV SD NEGERI PURUT 1 KABUPATEN PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
COVER SKRIPSI SITI FATIMAH.pdf Download (210kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI SITI FATIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (194kB) |
||
|
Text
ABSTRAK SITI FATIMAH.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
BAB I SITI FATIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (353kB) |
||
Text
BAB II SITI FATIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (504kB) |
||
Text
BAB III SITI FATIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (618kB) |
||
Text
BAB IV SITI FATIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (974kB) |
||
Text
BAB V SITI FATIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (204kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA SITI FATIMAH.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (324kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIASI.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (287kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya media pembelajaran, sehingga membuat peserta didik menjadi jenuh dan kurang memahami materi ajar saat proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media konkret yakni media ROTALI (Roda Putar Perkalian) yang berorientasi pada pembelajaran berdiferensiasi materi perkalian kelas IV. Selain itu juga, dengan penggunaan media pembelajaran peserta didik akan merasakan pengalaman belajar yang lebih bermakna. Metode penelitian yang digunakan adalah model ADDIE. Model ADDIE ini memiliki lima tahapan, yakni pertama Analysis (Analisis), kedua Design (Perancangan), ketiga Development (Pengembangan), keempat Implementation (Penerapan), dan kelima Evaluation (Evaluasi). Kelima tahapan tersebut harus dilaksanakan secara runtut agar memperoleh hasil yang maksimal. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa media ROTALI (Roda Putar Perkalian) sangat valid. Hal ini berdasarkan hasil angket validasi yang telah dilakukan oleh ahli materi memperoleh skor 92,7% yakni dapat dinyatakan sangat baik/sangat valid, tidak perlu revisi. Selanjutnya ahli media memperoleh skor 90,7% yakni dapat dinyatakan sangat baik/sangat valid, sedikit revisi kecil. Kemudian ahli praktisi memperoleh skor 92,7% yakni dapat dinyatakan sangat baik/sangat valid, tidak perlu revisi. Selain itu juga, hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan rata-rata 82,7%, yakni dapat dikatakan bahwa media sangat efektif. Berdasarkan ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa media ROTALI (Roda Putar Perkalian) yang dikembangkan oleh peneliti dapat dikatakan sangat valid dan efektif digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media ROTALI, Pembelajaran Berdiferensiasi. |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 03:33 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 03:33 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4876 |
Actions (login required)
View Item |