IBTIHAL, KARIMA ALIYAHTUS (2024) PENGEMBANGAN MEDIA DIGITAL ANIMATION BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI TATA SURYA KELAS VI DI SDN MANGUNHARJO 1 KOTA PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.
|
Text
1 COVER SKRIPSI KARIMA ALIYAHTUS IBTIHAL .pdf Download (48kB) | Preview |
|
Text
7 HALAMAN DAFTAR ISI KARIMA ALIYAHTUS IBTIHAL.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (55kB) |
||
|
Text
10 ABSTRAK KARIMA ALIYAHTUS IBTIHAL .pdf Download (87kB) | Preview |
|
Text
BAB 1 (1) KARIMA ALIYAHTUS IBTIHAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (136kB) |
||
Text
BAB 2 KARIMA ALIYAHTUS IBTIHAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (112kB) |
||
Text
BAB 3 KARIMA ALIYAHTUS IBTIHAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (264kB) |
||
Text
BAB 4 KARIMA ALIYAHTUS IBTIHAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (692kB) |
||
Text
BAB 5 KARIMA ALIYAHTUS IBTIHAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (104kB) |
||
Text
Daftar Pustaka KARIMA ALIYAHTUS IBTIHAL .pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (125kB) |
||
Text
SURAT KETERANGAN BEBAS PLAGIAS KARIMA ALIYAHTUS IBTIHAL I.pdf Restricted to perpustakaan UPM Download (62kB) |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi olehhasil belajar peserta didikpada mata pelajaran IPA yang kurang memuaskan. Terdapat beberapa faktor yang membuat peserta didik tidak dapat maksimal dalam proses belajar. Hal ini ditandai dengan kurangnya referensi dalam pembelajaran, kurangnya alat atau media dalam pembelajaran, serta terdapat faktor peserta didik cenderung lebih memahami pembelajaran menggunakan audio visual. Tujuan utama dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa media digital animation pada mata pelajaran IPA kelas VI sekolah dasar materi “Tata Surya”. Produk media pembelajaran digital animation ini dibuat dengan menggunakan Canva. Metode penelitian yang digunakan yaitu model penelitian dan pengembangan Borg & Gall dengan modifikasi beberapa aspek menurut Utomo, Muslimin, dan Darsikin (2016), yang meliputi tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan produk, tahap validasi produk, tahap uji coba lapangan dan revisi produk akhir. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket kuisioner Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran digital animationberbasis canva pada mata pelajaran IPA materi tata surya kelas VI menunjukkan hasil yang valid dan praktis.Dengan hasil validasi ahli media memiliki nilai sebesar 46 dengan persentase sebesar 92%. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor keseluruhan sebesar 43 dengan persentase sebesar 86%. Hasil praktisi pembelajaran dengan perolehan skor total sebesar 48 dengan persentase sebesar 96%. Dan penilaian media pembelajaran IPA dengan digital animation berbasis canva, di peroleh hasil skor keseluruhan sebesar 1206 dengan persentase sebesar 86,14%. Berdasarkan hal tersebut media pembelajaran yang dikembangkan valid dan praktik untuk digunakan pada pembelajaran.
Item Type: | Thesis ( Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Digital Animation, Canva |
Subjects: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Admin Perpustakaan |
Date Deposited: | 28 Oct 2024 06:10 |
Last Modified: | 28 Oct 2024 06:10 |
URI: | http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4944 |
Actions (login required)
View Item |