PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS 2 SDN KALISALAM 2 PROBOLINGGO

PUTRI, LAURA MARSYA MENTARI (2024) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN STEAM TERHADAP KEMAMPUAN NUMERASI PESERTA DIDIK KELAS 2 SDN KALISALAM 2 PROBOLINGGO. Skripsi thesis, Universitas Panca Marga.

[img]
Preview
Text
1. Cover LAURA MARSYA MENTARI PUTRI .pdf

Download (34kB) | Preview
[img] Text
7. Daftar Isi LAURA MARSYA MENTARI PUTRI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
11. Abstrak LAURA MARSYA MENTARI PUTRI .pdf

Download (72kB) | Preview
[img] Text
12. BAB 1 LAURA MARSYA MENTARI PUTRI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (138kB)
[img] Text
13. BAB 2 LAURA MARSYA MENTARI PUTRI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (291kB)
[img] Text
14. BAB 3 LAURA MARSYA MENTARI PUTRI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (297kB)
[img] Text
15. BAB 4 LAURA MARSYA MENTARI PUTRI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (303kB)
[img] Text
16. BAB 5 LAURA MARSYA MENTARI PUTRI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (66kB)
[img] Text
17. DAFTAR PUSTAKA LAURA MARSYA MENTARI PUTRI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (97kB)
[img] Text
19. Surat Keterangan Bebas Plagiasi LAURA MARSYA MENTARI PUTRI .pdf
Restricted to perpustakaan UPM

Download (157kB)

Abstract

Data di SDN Kalisalam 2 menunjukkan bahwa dari 21 siswa, hasil belajar siswa sejumlah 16 siswa dengan persentase 75% diketahui hasil belajar matematika belum tuntas mencapai hasil nilai KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran) yakni 70. Oleh karena itu, berdasarkan data, dapat disimpulkan bahwa tingkat pencapaian belajar siswa masih dianggap rendah. Dari sinilah peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian Pengaruh Model Project Based Learning Menggunakan Pendekatan STEAM Terhadap Kemampuan Numerasi Peserta Didik Kelas 2 SDN Kalisalam 2 Probolinggo. Berdasarkan uraian latar belakang masalah, dirumuskan permasalahan penelitian sebagai berikut: 1) Adakah pengaruh model Project Based Learning menggunakan pendekatan STEAM terhadap kemampuan numerasi peserta didik kelas 2. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-experimental one group pretest-posttest. Purposive sampling digunakan untuk menentukan sampel kelas yang dijadikan subyek penelitian dengan analisis menggunakan pengujian hipotesis menggunakan uji “T” yang memperhatikan beberapa uji prasyarat, yaitu normalitas data, dan homogenitas. Dari data yang dipaparkan, dinyatakan bahwa Uji – T berpasangan (paired sample t test) menghasilkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000. Dengan demikian, disimpulkan bahwa model project based learning menggunakan pendekatan STEAM berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan numerasi siswa di SDN Kalisalam 2. Berdasarkan hasil temuan di atas dapat peneliti sarankan kepada guru terkait supaya model pembelajaran ini bisa menjadi pilihan yang beragam dalam model pembelajaran selama kegiatan pembelajaran

Item Type: Thesis ( Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Project Based Learning, STEAM, Numerasi
Subjects: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Divisions: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin Perpustakaan
Date Deposited: 28 Oct 2024 06:32
Last Modified: 28 Oct 2024 06:32
URI: http://repository.upm.ac.id/id/eprint/4945

Actions (login required)

View Item View Item